Aktivitas Kembali Normal, Ini Tips Membiasakan Diri Saat Kantor Terapkan WFO


 Sebelum Covid-19 , pergi ke kantor jadi rutinitas harian bagi para pekerja. Berdesakan di transportasi umum atau bermacet-macetan saat jam pulang dan pergi kerja pun sudah biasa dilalui setiap hari.

Meski rutinitas ini sempat hilang, tampaknya sudah banyak masyarakat Indonesia yang kembali bekerja secara normal.

Ada pula yang menerapkan sistem hybrid, yakni beberapa hari Work From Office (WFO) dan beberapa hari lainnya Work from Home (WFH).

Setelah terbiasa dua tahun beraktivitas di rumah, keharusan bermacet-macetan di jalan dan mempersiapkan diri di pagi hari berangkat ke kantor tentu tidak menyenangkan.

Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri kembali WFO, dilansir dari Kompas.com.

1. Atur jadwal tidur

Sistem WFH membuat kita tidur lebih larut dan bangun lebih siang serta sesekali tidur siang.

Kebiasaan tersebut menyulitkan ketika harus kembali ke kantor sehingga perlu disesuaikan kembali.

Bersiaplah untuk kembali WFO dengan membuat jadwal tidur yang lebih teratur setidaknya satu atau dua minggu sebelum tanggal masuk kantor.

2. Menata ruang kerja di kantor

Bersihkan dan tata ruang kerja kita di kantor sebelum WFO untuk meningkatkan suasana. Penelitian menunjukkan, orang yang bekerja di lingkungan yang berantakan biasanya menderita stres yang tidak diketahui dan mungkin merasa kewalahan dengan terus-menerus mencari dokumen.

3. Gladi resik

"Melatih rutinitas harian Anda adalah salah satu cara untuk memerangi kegelisahan hari pertama," kata psikolog klinis yang berbasis di Connecticut, Holly Schiff.

Ia menyarankan kita untuk melakukan gladi resik dengan bangun, sarapan, berpakaian, dan bepergian ke kantor sebelum benar-benar menjalankan WFO. Penting juga untuk mengenakan busana kantoran yang tepat untuk menciptakan suasana yang tepat.

4. Menyesuaikan rutinitas

WFO juga mengharuskan kita melakukan penyesuaian pada rutinitas rumah tangga termasuk jadwal tidur dan pengasuhan anak.

"Lakukan yang terbaik di lingkungan rumah Anda untuk menyederhanakan rutinitasnya," kata Annie McKee, rekan senior di University of Pennsylvania Graduate School of Education.

Diskusikan transisi tersebut bersama keluarga termasuk pasangan dan anak-anak.

5. Tetapkan pola pikir terbuka

Hadapi kebijakan WFO ini dengan pola pikir terbuka untuk menghilangkan rasa malas, keengganan dan perasaan negatif lainnya.

Holly Schiff mengatakan penting untuk menganggap kembalinya kita ke kantor ini sebagai perubahan untuk kemajuan, bukan kemunduran. Selain itu, jadikan ini kesempatan untuk mengatur pola kerja yang lebih baik dan sehat.

sumber : https://www.kompas.tv/article/295181/aktivitas-kembali-normal-ini-tips-membiasakan-diri-saat-kantor-terapkan-wfo?page=3

Post a Comment

0 Comments