Wacana Penghentian PPKM Semakin Menguat


 Wacana penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) semakin menguat akibat terkendalinya kasus Covid-19.

Pemerintah secara resmi belum memberikan keputusan perihal wacana penghentian PPKM tersebut.

Namun wacana tersebut semakin menguat melihat tidak adanya lonjakan Covid-19 setelah libur Idul Fitri 2022.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono mengatakan Cuti lebaran bersama tidak meningkatkan kasus Covid-19. Dari situasi itu membuat dirinya merasa percaya diri, ujarnya.

“Cuti lebaran bersama ini tidak meningkatkan kasus Covid-19. Jadi kelihatannya kita sudah mulai merasa agak pede (percaya diri) terhadap situasi ini,” ujarnya.

Dante Saksono menambahkan bahwa situasi tersebut disebabkan karena antibody masyarakat yang sudah lebih baik.

Penelitian antibodi terhadap Covid-19 telah digelar dua kali pada Desember 2021 dan Maret 2022. Hasilnya sudah ada 99,6% masyarakat memiliki antibody spesifik sehingga kebal dengan Covid-19.

“Ini yang mungkin menunjukkan kasusnya tidak terlalu tinggi, karena kita mempunyai kekebalan tubuh yang mungkin didapat dari infeksi yang tidak diketahui, OTG (orang tanpa gejala), atau dapat dari vaksinasi,” tuturnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerinta tetap mempertimbangkan secara matang dari berbagai pakar dalam memberikan keputusan penghentian PPKM.

“Sangat besar peluangnya (menghapus PPKM). Secepatnya,” ujar dia.

Pada pekan lalu, Presiden Jokowi diketahui memutuskan untuk memperbolehkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di area terbuka atau di luar ruangan.

Selain itu, pemerintah memberikan kelonggaran tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan. Kewajiban tes PCR yang sudah divaksinasi lengkap kini secara resmi dudah ditiadakan.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah baru akan menyesuaikan kebijakan PPKM jika sudah aman dan diperlukan.

“Pemerintah akan selalu memantau keadaan pengendalian Covid-19 dan akan menyesuaikan kebijakannya bila dinilai sudah aman dan diperlukan. Tunggu saja update kebijakan pemerintah,” ucapnya.

Maka dari itu, masyarakat harus menunggu kebijakan secara resmi yang diberikan pemerintah untuk mengetahui kejalasan isu tersebut.

Demikian infomasi mengenai wacana pengehentian PPKM yang semakin menguat. Semoga bermanfaat.

sumber : https://www.ayobandung.com/umum/pr-793455976/wacana-penghentian-ppkm-semakin-menguat?page=3

Post a Comment

0 Comments