Cara Ampuh untuk Meningkatkan Semangat Belajar di Era New Normal


 Permasalahan yang timbul di era new normal

Pandemi sudah berakhir saatnya beralih ke endemi, menurunya semangat belajar dikalangan mahasiswa/pelajar dikarenakan sudah terbiasa dirumah, belajar tanpa adanya pengawasan, bebas melakukan apapun, dan hidup serba instan yang menjadi sebuah kebiasaan.

Saat pandemi, secara tidak langsung kita sering mengabaikan pentingnya urgensi dalam hal belajar, dimana zaman era globalisasi yang membuat kita terhipnotis dengan kenyamanan dunia maya.

Sebagai generasi muda, justru kita harus peka dalam hal itu, generasi muda adalah agen perubahan memberikan pengaruh yang besar untuk para generasi muda berikutnya. Tentunya harus memiliki motivasi yang tinggi, motivasi merupakan salah satu psikis yang berpengaruh dalam pencapaian individu, motivasi bisa muncul ketika memiliki tujuan untuk mencapainya.

Belajar dari negara Jepang

Kita berkaca dari negara Jepang dimana pendidikan adalah sebuah prioritas utama, Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima yang kemudian disusul bom lanjutan di Nagasaki pada 9 Agustus 1945, membuat gempar warga Jepang ketika itu, untuk upaya pembangunan kota akibat pasca hancurnya kota Hiroshima dan Nagasaki yang pertama kali dibangun oleh pemerintah Jepang adalah sekolah, sekolah merupakan fondasi utama untuk membentuk kepribadian dan pola pikir maka dari itu, negara Jepang memiliki kedisiplinan dan semangat belajar yang tinggi karena memang sudah didik sejak dini akan pentingnya belajar.

Mengatasi malas belajar
Sebagai generasi muda kita sadar akan hal itu, maka saatnya kita harus merubah kebiasaan ini, berikut ada beberapa hal untuk mengatasi malas belajar :

1. Mencari lingkungan yang mendukung

Sebuah kebiasaan terbentuk dari lingkungan tertentu, cari lingkungan atau pertemanan yang bisa membawa kita mengarah kepada motivasi belajar yang tinggi, supaya kita juga terbawa dengan kebiasaan tersebut.

2. Ubah mindset bahwa belajar itu menyenangkan

JAMES Artur Ray dalam bukunya “The Science of Success” menerangkan bahwa pola pikir (mindset) itu tergantung dari pola pikir individu, jika kita memikirkan bahwa perubahan sikap/kebiasaan bisa dicapai, kita bisa mencapai hal tersebut dengan melakukan langkah demi langkah untuk mencapainya, merubah mindset bahwa belajar itu menyenangkan hal tersebut bisa berefek terhadap semangat untuk belajar.

3. Lakukan jika perubahan hanya 1%

JAMES Clear dalam bukunya "Atomic Habits" bahwa perubahan kecil yang memberikan hasil luar biasa, seperti contoh kita mengira untuk melakukan push up 5x dalam setiap harinya memang dianggap remeh, tetapi jika kita melakukannya dengan rutin dan konsisten selama setahun, itu akan berdampak besar daripada tidak melakukan sama sekali. Kita melihat bahwa perubahan itu dilihat dari progressnya bukan dari hasil akhirnya dan coba kaitkan dengan belajar meskipun kita belajar sehari hanya cuman sebentar, tetapi jika kita sering melakukannya, itu bisa memberikan efek yang besar.

4. Mengikuti seminar/webinar motivasi belajar

Dengan mengikuti seminar/webinar motivasi setidaknya kita punya gambaran bahwa perubahan untuk keluar dari zona nyaman itu bisa terwujud dengan rutin mengikuti hal tersebut, hal itu bisa memberikan ransangan kepada diri kita untuk keluar dari zona nyaman.

Dari keempat point tersebut inilah yang harus dikembangkan oleh generasi muda sebuah progres untuk keluar dari zona nyaman dan bangkit untuk bisa menikmati proses pembelajaran.

sumber : https://kumparan.com/iqbalrohimal2021/cara-ampuh-untuk-meningkatkan-semangat-belajar-di-era-new-normal-1y5uWdW7QcC/full

Post a Comment

0 Comments