Tren Hybrid Working, Apa Sih Keuntungannya?


 Jakarta - Perkembangan teknologi memberikan dampak pada setiap aspek kehidupan, termasuk kebiasaan bekerja. Kini, bekerja dari rumah atau secara hybrid di mana pun menjadi salah satu opsi yang mulai digandrungi oleh para karyawan.

2021 Global Workplace Report oleh NTT menunjukkan 79% perusahaan percaya karyawan mereka lebih suka bekerja dari kantor daripada dari rumah. Faktanya, data menunjukkan hanya 38% karyawan yang lebih suka bekerja dari kantor, sedangkan 31% memilih bekerja dari rumah, sementara 31% lainnya ingin fleksibel di antara keduanya.

Jika perusahaan tidak menanggapi perubahan kebutuhan karyawan dengan memberikan pilihan dan tingkat fleksibilitas yang beragam dalam cara bekerja, maka akan merasakan dampaknya pada produktivitas dan kepuasan karyawan.

Lantas, mengapa karyawan mulai memilih bekerja dari rumah atau secara hybrid? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

  • Work-Life Balance yang Lebih baik

Bekerja secara remote memberikan kebebasan bagi Anda mengatur jam kerja. Artinya, Anda bisa memilih kapan memulai atau mengakhiri jam kerja, selama tetap dapat produktif dan bekerja sesuai ekspektasi perusahaan.

Fleksibilitas ini membuat Anda memiliki waktu untuk memenuhi kebutuhan personal atau melakukan pekerjaan rumah sehari-hari. Misalnya, mengantar anak ke sekolah, pergi ke gym, berbelanja kebutuhan harian, dan sebagainya. Sehingga, Anda dapat mengatur work-life balance dengan lebih baik jika bekerja dari rumah atau hybrid.

  • Menghemat Biaya

Bekerja secara hybrid akan menghemat banyak biaya, karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan seperti transportasi, bensin, biaya parkir, uang makan dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan menekan pengeluaran dan menambah pundi-pundi tabungan Anda.

Tidak hanya karyawan, perusahaan juga dapat menekan banyak biaya dengan menerapkan sistem work from home (WFH) atau hybrid. Misalnya, biaya perawatan gedung, listrik, wifi, AC ruang kerja, dan lain-lain.

  • Meningkatkan Performa Kerja dan Produktivitas

Hasil survei independen menunjukkan 51% dari karyawan mengalami performa kerja dan produktivitas yang lebih baik saat bekerja secara remote. Salah satu alasannya adalah karena mereka dapat bekerja di tempat yang lebih tenang dan terhindar dari distraksi seperti saat bekerja di kantor.

Bekerja secara remote juga memberikan tingkat stres yang rendah, serta memberi karyawan kesempatan untuk menekuni kegiatan yang mereka senangi atau meningkatkan hubungan dengan keluarga dan pasangan, sehingga menunjang terhadap performa mereka saat bekerja.

Sejalan dengan hal tersebut, Cisco sebagai perusahaan terdepan penyedia solusi kolaborasi dan produktivitas percaya bahwa masa depan bekerja adalah kemudahan untuk bekerja di mana pun. Bagi Cisco, kerja adalah aktivitas, bukan soal tempat.

Cisco membantu transformasi tempat kerja agar benar-benar membantu produktivitas karyawan dan meningkatkan profitabilitas bagi bisnis dengan menyediakan berbagai solusi teknologi untuk Hybrid Work.

Berikut ini adalah salah satu solusi kolaborasi dari Cisco dalam menunjang hybrid working untuk employee on the go:

1. Cisco Webex

Cisco Webex adalah salah satu aplikasi untuk semua kebutuhan calling, meetings, messaging, dan events dalam satu platform di cloud. Pemanfaatannya dapat menggunakan aplikasi maupun melalui web. Cisco Webex secara cerdas dapat menyesuaikan kondisi internet namun tetap memastikan tingkatan pengalaman dan tujuan berkolaborasi tercapai. Interface webex yang disederhanakan memudahkan semua generasi untuk saling berinteraksi.

2. Webex Calling

Webex Calling merupakan solusi cloud telephony dan kolaborasi enterprise-grade yang ditawarkan melalui model subscription yang fleksibel yang disesuaikan dengan profil karyawan.

Dengan kemudahan sistem administrasi, keamanan, dan keandalan yang dapat anda percayai, Cisco menawarkan platform cloud telephony yang selalu aktif dan selalu terbarui sehingga anda dapat melakukan komunikasi dengan client anda dimana saja dan kapan saja.

3. Profesional Headset Cisco

Cisco mengeluarkan Headset dengan teknologi ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dengan fitur seperti best-in-class noise isolation, vibrant audio, exceptional comfort dan terintegrasi penuh dengan Cisco Webex.

Perbedaan dengan Headset yang lain, Headset Cisco dapat dikelola bersama dengan semua perangkat Webex lainnya, dari satu platform di Control Hub atau Cisco Unified Communications Manager.

Tidak diperlukan perangkat lunak atau biaya layanan tambahan, karena siapapun dapat melakukan tracing melalui headsets inventory tentang tipe headset yang dipakai, release software, status pemakaian bahkan sampai lamanya headsets tersebut dipakai di perusahaan.

NTT Ltd. sebagai perusahaan layanan teknologi bersama dengan Cisco membantu perusahaan menerapkan strategi pemanfaatan Solusi Teknologi Cerdas Kolaborasi yang terintegrasi. Dengan menggabungkan kekuatan global dan otonomi lokal memberikan kemampuan untuk senantiasa memberikan solusi kolaborasi yang dapat mengikuti lingkungan unik perusahaan.

Baca lebih lanjut tentang 2021 Global Workplace Report | NTT dan unduh buku elektronik pedoman pemanfaatan solusi kolaborasi yang efektif dalam mendukung kerja hybrid work NTT Cisco Safety Hybrid Workplace E-Book. NTT Ltd. sebagai perusahaan layanan teknologi bersama dengan Cisco membantu perusahaan menerapkan strategi pemanfaatan Solusi Teknologi Cerdas Kolaborasi yang terintegrasi.

sumber : https://inet.detik.com/business/d-6050789/tren-hybrid-working-apa-sih-keuntungannya

Post a Comment

0 Comments