Rangkuman Covid: PPKM Diperpanjang Hingga Booster Halal Sinovac


 Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali selama dua pekan ke depan. Upaya itu dilakukan pemerintah sebagai bentuk intervensi untuk menekan kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Pemerintah juga mengaku bakal terus berupaya menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan atau booster yang hingga kini masih rendah di Indonesia. Salah satu upaya yang digunakan yakni menjadikan booster sebagai syarat 'bebas' mudik lebaran 2022.

Di tengah upaya pemerintah menggenjot target vaksinasi. Sejumlah pihak mendesak agar pemerintah mampu menyediakan vaksin Covid-19 yang halal di masyarakat. Pemerintah kemudian memberikan opsi menjadikan Sinovac sebagai regimen booster di Indonesia.

CNNIndonesia.com merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

Klaim RI Tangani Covid Terbaik di ASEAN
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim pengendalian dan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia lebih baik dari sejumlah negara di kawasan ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, meski kasus kematian masih cukup tinggi, tapi kasus harian Covid-19 terus menurun dalam beberapa pekan terakhir.

"Kita patut bersyukur bahwa pengendalian Covid-19 di Indonesia ini terbilang lebih baik dibandingkan dengan negara lainnya, termasuk negara ASEAN," kata Nadia dikutip dari kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (26/4).

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang
Pemerintah memperpanjang PPKM di luar Jawa-Bali menjelang Idulfitri hingga 9 Mei 2022. Perpanjangan PPKM dilakukan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2022. Peraturan itu mulai berlaku hari ini.

"PPKM luar Jawa-Bali juga dilakukan evaluasi melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2022 yang akan berlaku mulai tanggal 26 April 2022 hingga 9 Mei 2022," kata Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA melalui keterangan tertulis, Selasa (26/4).

Tak banyak hal yang berubah pada penerapan PPKM kali ini. Perbedaan hanya terletak pada level asesmen wilayah.

Daerah level satu bertambah dari 84 kabupaten/kota menjadi 131 kabupaten/kota. Daerah level dua berkurang dari 259 kabupaten/kota menjadi 216 kabupaten/kota. Adapun daerah Level tiga menurun dari 43 kabupaten/kota menjadi 39 kabupaten/kota.

Sinovac Bakal Dipakai untuk Booster Usai MA Wajibkan Vaksin Halal
Kemenkes membuka kemungkinan vaksin Covid-19 jenis Sinovac dipakai untuk penyuntikan dosis ketiga atau booster. Hal itu disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyikapi putusan Mahkamah Agung yang mengharuskan pemerintah memberikan vaksin halal.

"Kami menghormati putusan Mahkamah Agung nomor 31 p/hum/2022 atas rekomendasi untuk melakukan penyediaan vaksin halal dalam program vaksinasi nasional," kata Nadia.

"Untuk itu, masyarakat yang merasa nyaman untuk menggunakan Sinovac, kami membuka peluang vaksin tersebut untuk bisa digunakan sebagai vaksinasi booster," tambahnya

Istiqlal Gelar Salat Idulfitri Tingkat Kenegaraan di Tengah Covid

Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat akan menggelar salat Idulfitri 1443 H tingkat kenegaraan secara berjemaah meski masih berada di tengah pandemi virus corona.
Ini akan menjadi Salat Idulfitri perdana setelah dua tahun belakangan masjid terbesar di Asia Tenggara itu absen menggelar imbas pandemi virus corona.

"Iya betul Insyaallah Salat Idulfitri tingkat kenegaraan akan kembali dilaksanakan tahun ini," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah dalam pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (26/4).

Empat Vaksin yang Dicap Halal MUI
Sertifikasi kehalalan vaksin virus corona (Covid-19) kembali menjadi bahasan publik usai Mahkamah Agung (MA) pada 14 April 2022 lalu memenangkan gugatan uji materi oleh Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) soal vaksin halal.

YKMI menggugat Presiden Joko Widodo terkait uji materi Pasal 2 Perpres RI Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com hanya empat jenis vaksin baik yang sudah beredar dan digunakan maupun yang masih dalam proses produksi di Indonesia yang dinyatakan halal. Mereka yakni Sinovac, Zifivax, Merah Putih Unair dan Sinopharm.

Capaian Vaksinasi Indonesia

Capaian vaksinasi Indonesia per Selasa (26/4) pukul 12.00 WIB, tercatat sebanyak 199.039.633 orang telah menerima suntikan dosis pertama. Sementara itu, 164.180.156 orang juga telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 208.265.720 orang sudah menyentuh 95,75 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua berada di angka 78,83 persen.

Sementara untuk perkembangan capaian jumlah vaksinasi booster tercatat sebanyak 35.518.317 warga Indonesia telah menerima booster atau sudah mencapai 17,05 persen dari target.

Update Kasus Covid-19 Per 26 April
Pemerintah mencatat jumlah penambahan kasus harian warga yang positif terinfeksi virus corona bertambah 576 kasus pada hari ini, Selasa (26/4). Sementara penambahan kasus sembuh sebanyak 4.058 kasus, dan 30 kasus meninggal baru.

Secara kumulatif, sebanyak 6.045.043 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 5.879.141 orang dinyatakan pulih, 9.739 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 156.163 orang lainnya meninggal dunia.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220426175906-20-790016/rangkuman-covid-ppkm-diperpanjang-hingga-booster-halal-sinovac

Post a Comment

0 Comments