PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Tren Mulai "Menghijau"


 Pemerintah kembali memperpanjang PPKM luar Jawa-Bali terhitung sejak 12 April 2022 sampai 25 April 2022 lewat Inmendagri Nomor 21 Tahun 2022. Meski diperpanjang, pemerintah menemukan tren "menghijau" atau menunjukan perbaikan yang signifikan.

"Saya mewakili Bapak Mendagri (Tito Karnavian) memberikan apresiasi kepada seluruh pihak di mana untuk wilayah di luar Jawa dan Bali kini sudah kita lihat mulai menghijau, itu artinya pandemi Covid-19 semakin terkendali," kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal melalui keterangan tertulis, Selasa (12/4/2022).

Disebutkan, tren tersebut sejalan dengan capaian vaksinasi yang terus meningkat. Diungkapkan juga, hanya ada tiga provinsi yang kabupaten/kotanya belum berada di level 1 yakni Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Barat.

Safrizal menjelaskan, jumlah daerah yang berstatus level 3 sebelumnya sebanyak 110 daerah, kini berkurang menjadi 43 daerah. Sementara untuk level 2 yang sebelumnya sebanyak 250 daerah menjadi 259 daerah.

Lalu untuk level 1 mengalami peningkatan positif dari sebelumnya hanya 26 daerah menjadi 84 daerah.

"Hingga saat ini juga tidak terdapat kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali yang berada di level 4," ungkap Safrizal.

Meski tren terus membaik, Safrizal menyoroti soal adanya ancaman munculnya varian baru Covid-19 yang telah ditemukan di 26 negara. Untuk itu, dia menekankan agar publik tetap tenang dan waspada serta tidak kalah penting, selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Mengingat semakin meningkatnya aktivitas masyarakat dalam bidang sosial maupun keagamaan, jangan sampai pengalaman panen kasus pasca meningkatnya aktivitas keagamaan dan libur panjang di tahun-tahun yang lalu terulang kembali," tutur Safrizal.

"Kita harus menjaga momentum pelandaian kasus ini selama mungkin, tentunya tanpa mengurangi arti khidmat dalam menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadan tahun ini," lanjutnya.

sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/915069/ppkm-luar-jawabali-diperpanjang-tren-mulai-menghijau

Post a Comment

0 Comments