Survei CareerBuilder menyatakan lowongan pekerjaan Work From Home (WFH) saat ini tujuh kali lebih menarik minat pencari kerja dibandingkan dengan lowongan Work From Office (WFO), terlebih 50% pekerja mengaku bahwa akan mempertimbangkan pengunduran diri jika perusahaan tetap memaksa mereka untuk kembali bekerja dari kantor di tengah situasi pandemi.Hal ini membuat para pekerja profesional akan lebih senang bekerja dengan cara serba online, termasuk juga para Fresh Graduate yang akan menuntaskan pengalaman magang dan aktivitas lainnya juga melalui jarak jauh.
Untuk sukses mendapatkan pengalaman bekerja secara remote atau WFH, tentunya para pelamar wajib mempersiapkan berbagai hal dengan matang, salah satunya pada Resume atau Curriculum Vitae (CV) yang akan diajukan pelamar kepada suatu perusahaan. Untuk itu, setiap pelamar kerja pastinya harus menyesuaikan CV dengan perkembangan lapangan pekerjaan saat ini yang sesuai untuk lowongan kerja WFH.
Kalibrr membagikan beberapa tips yang bisa dimanfaatkan dalam membuat CV untuk lowongan pekerjaan khusus WFH. Pertama, masukkan pengalaman kerja WFH. Selama pandemi, pastinya banyak perusahaan yang memberlakukan metode bekerja jarak jauh melalui WFH. Pastikan untuk mencantumkan pengalaman bekerja secara remote Anda di CV. Upaya ini akan membantu recruiters mengetahui bahwa Anda adalah kandidat yang sesuai dan berpengalaman dalam menangani kompleksitas kerja saat WFH.
“Hal ini juga berlaku pada fresh graduate. Mereka bisa mencantumkan pengalaman magang, kuliah ataupun seminar online kamu di poin pengalaman,” tulis Kalibr dalam keterangan pers, Senin (11/4/2022).
Kedua, sebut ‘Kerja Jarak Jauh’ di bagian lokasi perusahaan Anda bekerja. Dengan begitu, recruiters akan mengetahui bahwa Anda memang bekerja di perusahaan tertentu dengan gaya kerja WFH. Ini juga akan memudahkan mereka untuk menyesuaikan jobdesk pekerjaan yang akan dikerjakan jika sudah diterima.
Ketiga, berikan penjelasan secara spesifik pekerjaan apa yang dilakukan saat bekerja jarak jauh. Penggambaran tanggung jawab kerja yang jelas dan rinci akan memudahkan recruiters dan menjadi pertimbangan bahwa memang dapat diandalkan dengan jobdesk yang dapat dilakukan remote atau saat WFH.
“Terkahir, masukkan Kerja Remote atau WFH ke Bagian Keahlian. Hal ini akan membantu recruiters mengetahui bahwa Anda dapat mengkondisikan dan mengubah kebiasaan pekerjaan berat walaupun di tempat yang berbeda,” tambah Kalibrr.
sumber : https://investor.id/lifestyle/290341/permintaan-bekerja-dari-rumah-meningkat-di-masa-pandemi-covid19
0 Comments