Pemko Pekanbaru Targetkan Pasang 138.200 SR Pipa Air Bersih PDAM


 Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga tetap berkomitmen pada pembangunan infrastruktur perkotaan. Pada tahun 2019, layanan air minum perpipaan baru sebesar 7,60 persen (13.474 sambungan rumah/SR).

"Untuk meningkatkan pelayanan air minum perpipaan, kami mencari alternatif pendanaan melalui Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), yakni KPBU SPAM Kota Pekanbaru dalam proses pelelangan. KPBU SPAM Regional Pekanbaru-Kampar dalam persiapan konstruksi," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Ahad (17/4).

Di samping kedua proyek KPBU tersebut, untuk meningkatkan layanan air bersih perpipaan, akan dibangun SPAM Rumbai dan SPAM Tenayan Raya. Kedua SPAM ini masih dalam tahap perencanaan. Jika keempat proyek SPAM tersebut selesai dibangun, maka pelayanan air minum perpipaan akan meningkat menjadi 57,72 persen (138.200 SR).

Kemudian, pipa untuk SPAM Regional (Pekanbaru-Kampar) juga sedang dipasang. Untuk wilayah Pekanbaru, pipa air bersih dibangun di Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan Damai, dan Binawidya, dan Tuah Madani.

Kapasitasnya 1.000 liter per detik. Sebanyak 70 persen air bersih dari Kabupaten Kampar dialirkan di Pekanbaru. Sedangkan 30 persen air bersih lagi melayani Kabupaten Kampar di Kecamatan Tambang, Siak Hulu, dan Tapung.

"Ini adalah kebutuhan sebuah kota yang maju. Mari kita dukung. Saya minta maaf kepada warga karena jalanan menjadi compang-camping. Ditambah lagi dengan kondisi PPKM," ucap Wali Kota.

sumber : https://www.pekanbaru.go.id/p/news/pemko-pekanbaru-targetkan-pasang-138200-sr-pipa-air-bersih-pdam#

Post a Comment

0 Comments