Mataram Berhasil Pertahankan PPKM Level 1


 Pemkot Mataram berhasil bertahan pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Tata kelola dan cakupan vaksinasi yang progresif menjadi tolok ukur. Namun, vaksinasi dosis ketiga masih menjadi catatan.

Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 21 Tahun 2022 pada huruf K angka 1, Kota Mataram berada pada PPKM level 1 yang berlaku mulai 12 – 25 April.

Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kota Mataram, Drs. I Nyoman Suwandiasa menyampaikan, Inmendagri Nomor 21 Tahun 2022 patut disyukuri karena sebagai penegasan dari hasil kerja-kerja baik dalam mengelola dan menangani pandemi Covid-19. Artinya, dari evaluasi berkala yang dilakukan oleh pemerintah pusat Kota Mataram mampu mempertahankan pada level I. “Kota Mataram sesuai Inmendagri 19 Tahun 2022 sebelumnya juga berada pada PPKM level I. Pencapaian ini patut diapresiasi,” kata Nyoman dikonfirmasi, Selasa, 14 Februari 2022.

Ia menyebutkan, Satgas Covid-19 Nasional menilai dari dua sisi. Tolok ukur utama adalah vaksinasi. Dan, cakupan vaksinasi cukup progresif. Kedua, tata kelola penanganan Covid-19 berupa penanganan, kesiapan rumah sakit, dan indikator lainnya juga sangat baik.

Kendati demikian, cakupan vaksin dosis ketiga atau booster masih menjadi koreksi atau catatan pemerintah pusat. Nyoman bersyukur surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19,yang diterbitkan pada 2 April 2022 memberikan syarat bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang telah mendapatkan vaksin dosis ketiga tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes pemeriksaan RT-PCR atau rapid antigen. “Kita akui vaksin booster masih lemah,” sebutnya.

Ia berharap menjelang perayaan Idul Fitri, target vaksin dosis ketiga bisa mencapai target. Namun demikian, masyarakat tetap diminta menjaga dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat,terutama penggunaan masker dan menjaga jarak. Kebijakan pelonggaran aktivitas harus dimaknai agar tetap waspada.

sumber : https://www.suarantb.com/mataram-berhasil-pertahankan-ppkm-level-1/

Post a Comment

0 Comments