Kemendagri Cek Posko PPKM Mikro dan Capaian Vaksinasi Desa Wisata di Kabupaten Tegal


 Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Yusharto Huntoyungo, menugaskan tim pemantau Posko PPKM skala mikro tingkat desa dan pencapaian vaksinasi di Desa Wisata Kabupaten Tegal, pada tanggal 22-23 April 2022 kemarin.

Tim yang terdiri dari tiga orang ini, melakukan pemantauan mendasari data KPCPEN dimana Kabupaten Tegal menjadi salah satu wilayah dengan capaian vaksinasi terendah di Provinsi Jawa Tengah, yakni dosis satu mencapai 83,94 persen, dosis dua mencapai 64,25 persen, dan dosis tiga mencapai 7,81 persen.

Selain itu, tim juga melakukan pertemuan dan koordinasi dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal, Dessy Arifianto, dan Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Ari Dwi C.

Analis Kebijakan Ahli Muda, Simon Makarios Aruan, mengungkapkan ia bersama dua rekannya mendapat tugas dari pimpinan untuk melakukan pemantauan dan konfirmasi data yang ada di KPCPEN, maupun dari aplikasi Kemenkes di vaksin.kemkes.go.id.

Mengingat Kabupaten Tegal masuk dalam tiga besar capaian vaksinasi terendah di Jawa Tengah.

Diharapkan dengan koordinasi secara langsung ini dapat memberi masukan koreksian data jika memang sudah ada peningkatan di Kabupaten Tegal.

"Kami berharap koordinasi antar OPD perlu ditingkatkan guna mencari solusi untuk peningkatan cakupan vaksinasi di Kabupaten Tegal. Mengingat imunitas masyarakat harus terbentuk secara menyeluruh disetiap wilayah dalam mengantisipasi dampak berkepanjangan Covid-19 yang terus bermutasi, meskipun dalam beberapa bulan terakhir kasus Covid-19 cenderung melandai di tingkat Nasional," ungkap Simon, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (24/4/2022).

Lebih lanjut, Kepala Dispermades Kabupaten Tegal, Dessy Arifianto, menyampaikan bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal, Desa/Kelurahan terus berupaya dalam memenuhi kebutuhan vaksinasi masyarakat baik vaksin dosis satu, dua, dan tiga atau booster.

Salah satu upaya yang dilakukan guna meningkatkan cakupan vaksinasi, yaitu dengan menjadikan vaksinasi sebagai salah satu syarat bagi desa untuk mendapatkan berbagai jenis bantuan baik dari Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi.

Selain itu, Dispermades berserta OPD terkait di Kabupaten Tegal juga menurunkan tim pendamping ke tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan, guna mengoptimalkan sosialisasi dan cakupan vaksinasi kepada masyarakat.

“Kami mengapresiasi atas kedatangan tim dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri ke Kabupaten Tegal, hal ini merupakan bentuk perhatian dan atensi dari Pemerintah Pusat kepada kami," ujar Dessy.

Jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal juga turut memfokuskan cakupan vaksinasi di beberapa Desa Wisata, salah satunya Desa Wisata Cempaka dan Desa Wisata Guci yang keduanya berada di Kecamatan Bumijawa.

Kepala Desa Cempaka, Amroni, menuturkan bahwa pemerintah desa rutin melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sebagai upaya penanganan Covid-19 dan pentingnya vaksinasi.

Mengingat sektor pariwisata di Desa Cempaka turut terdampak pandemi Covid-19, sehingga membutuhkan partisipasi masyarakat untuk memulihkan serta membangkitkan kembali sektor pariwisata.

Desa Cempaka juga menjadikan salah satu bagian kantor desa sebagai Posko PPKM Covid-19 yang masih beropeasi aktif hingga saat ini.

"Capaian vaksinasi di desa kami mencapai lebih dari 75 persen. Hal ini karena kesadaran masyarakat akan vaksinasi yang semakin meningkat, dan peran serta berbagai pihak dalam penyelenggaraan di Kecamatan Bumijawa juga turut membantu pencapaian vaksinasi Covid-19 ini," tutur Amroni.

Mengakhiri pemantauan, tim bergerak menuju Desa Wisata Guci dan mendapatkan informasi data monitoring Covid-19 tahun 2022 Puskesmas Kecamatan Bumijawa, untuk capaian vaksinasi Covid-19 sebanyak 2.032 orang dari target 2.995 orang atau 67,87 persen yang menjadi sasaran vaksin.

sumber : https://jateng.tribunnews.com/2022/04/24/kemendagri-cek-posko-ppkm-mikro-dan-capaian-vaksinasi-desa-wisata-di-kabupaten-tegal?page=2

Post a Comment

0 Comments