Kasus COVID-19 Terus Turun, PPKM Kota Semarang Kini Level 1


 Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Lewat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 Tahun 2022 tentang PPKM di Jawa-Bali yang berlaku mulai tanggal 5 hingga 18 April 2022, sejumlah daerah di Indonesia pun mengalami perbaikan level PPKM seiring membaiknya situasi.

Kota Semarang menjadi salah satu dari daerah di Indonesia yang kini kembali berstatus PPKM level 1. Hal itu sesuai prediksi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebelumnya yang mengatakan bahwa secara hitung-hitungan seharusnya sudah dari kemarin-kemarin wilayahnya turun dari level 2 ke level 1.

Perbaikan situasi di Kota Semarang bisa dilihat dari data yang dirilis rutin oleh dinas kesehatan setempat melalui website maupun akun media sosial resmi.

Data terkini di website siagacorona.semarangkota.go.id , per Selasa, 5 April 2022, angka kasus aktif di Kota Semarang tercatat ada 39 kasus yang terdiri dari warga Kota Semarang 24 kasus, serta warga luar kota 15 kasus.

Angka ini jauh menurun dibanding sebulan lalu yang pernah mencapai angka di atas seribu kasus. Dengan status PPKM level 1 ini, Pemerintah Kota Semarang akan melonggarkan kegiatan masyarakat sesuai dengan aturan yang diterbitkan dalam inmendagri.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebelumnya mengatakan, dengan status level 1 maka ia mengizinkan warganya untuk menjalankan salat tarawih berjamaah tanpa pembatasan, tetapi harus tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan.

"Alhamdulillah tarling sudah boleh diadakan secara terbuka juga tidak ada pembatasan. Artinya jemaah bisa lebih khusyuk lagi, takmir masjid juga bisa mengadakan tarawih di setiap musala dan masjid yang mereka miliki dan tetap menjaga protokol kesehatan serta yang paling penting lakukan percepatan vaksin," ujarnya.

sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1464060-kasus-covid-19-terus-turun-ppkm-kota-semarang-kini-level-1?page=2&utm_medium=page-2

Post a Comment

0 Comments