Covid Terkendali, Pemerintah Perpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 18 April 2022


 Meski penyebaran pandemi Covid-19 sudah terkendali dan turun drastis di Pulau Jawa dan Bali, pemerintah tetap memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 mulai 5 hingga 18 April 2022.

Perpanjangan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 tahun 2022 tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali. Aturan ini ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada 4 April 2022.

Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal mengatakan tingkat vaksinasi di berbagai daerah di Jawa Bali sudah menunjukkan adanya peningkatan yang sangat baik, termasuk pemberian suntikan ketiga (booster).

Hal ini terlihat dari Inmendagri Nomor 20/2022 yang mengatur khusus perpanjangan PPKM wilayah Jawa Bali, yang menjadikan capaian vaksinasi sebagai salah satu parameter evaluasi.

“Perpanjangan PPKM di awal Ramadan ini diharapkan menjadi pertanda baik, dimana sudah semakin banyak daerah yang berada di Level 1,” kata Safrizal, Selasa (5/4/2022).

Kendati demikian, Safrizal tetap mengingatkan, pemerintah selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mencermati setiap dinamika perkembangan penanganan Covid-19, termasuk trend pelandaian saat ini.

“Pemerintah senantiasa berhati-hati dalam menentukan kebijakan terkait penanganan pandemi Covid-19 ini,” ujar Safrizal.

Karena itu, Safrizal mengharapkan masyarakat dapat menunaikan ibadah suci di bulan ramadan ini dengan penuh khidmat, tanpa perlu euphoria yang berlebihan serta senantiasa menerapkan disiplin protokol kesehatan.

sumber : https://investor.id/national/289500/covid-terkendali-pemerintah-perpanjang-ppkm-jawabali-hingga-18-april-2022

Post a Comment

0 Comments