Wali Kota Batam Beri Izin Tarawih di Masjid, Tapi Wajib Gunakan Masker


 Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan pelaksanaan ibadah salat tarawih di bulan Ramadhan diperbolehkan tanpa ada batasan. Kondisi normal beribadah efek dari pengendalian kasus Covid-19 yang semakin menurun.

“Saya memberi izin melaksanakan kegiatan Ramadhan sepenuhnya untuk masyarakat Batam baik di Masjid atau Musala, hanya dengan memakai masker, ingat hanya dengan menggunakan masker itu protokol kesehatan (Prokes) yang kita tegakkan,” ucap Rudi, Senin (21/3/2022).

Meski diperbolehkan beribadah dalam kondisi normal, Rudi berharap jangan abai dengan prokes. Prokes tetap dijalankan guna meminimalisir penularan Covid-19.

“Demi menegakkan keimanan silahkan laksanakan masing-masing, semua saya izinkan tapi prokes tetap wajib dijalankan, minimal menggunakan masker agar orang lain dapat beribadah dengan nyaman,” katanya.

Tidak hanya ibadah malam Ramadhan, Wali Kota juga membolehkan aktifitas Ramadhan lainnya tanpa ada pembatasan mulai dari berbuka puasa bersama dan bazar Ramadhan.

Rudi menambahkan, penanganan Covid-19 di Batam diharapkan semakin maksimal. Hingga Ramadhan tiba keadaan Batam bisa terus membaik. Pelaksanaan hari pertama puasa masih menunggu keputusan dari pusat.

“Omicron kita anggap sudah tidak ada, namun tetap harus hati-hati terutama yang memiliki riwayat penyakit lain,” kata dia.

Pantauan Wartakepri.co.id pelaksanaan salat fardu (salat wajib 5 waktu_red) hampir di seluruh Masjid di Kota Batam sudah berjalan dengan normal tanpa ada pembatasan.

Dua Masjid Agung milik Pemko Batam yakni Masjid Agung Batam Centre dan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Tanjung Uncang telah menggelar salat secara normal.

“Di sini salat sudah berjalan normal tanpa ada pembatasan jarak lagi, namun prokes tetap berjalan, salat Jumat yang menampung banyak jemaah tetap dilakukan pengecekan suhu sebelum masuk area salat,” ucap salah seorang pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Begitupun dengan sejumlah Masjid yang terdapat di komplek-komplek perumahan, setiap salat fardu dilaksanakan sudah berjalan seperti biasa dengan keadaan normal.

Rudi berharap menjelang masuknya bulan Ramadhan kondisi Batam bisa makin membaik. Semua menginginkan jangan ada lagi Covid-19.

sumber : https://wartakepri.co.id/2022/03/23/wali-kota-batam-beri-izin-tarawih-di-masjid-tapi-wajib-gunakan-masker/

Post a Comment

0 Comments