Tito Karnavian Terbitkan 2 Inmendagri Terbaru soal PPKM, Banyak Daerah Turun ke Level 2


 Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan dua instruksi Mendagri atau Inmendagri terbaru tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA mengungkapkan kedua aturan baru itu masing-masing, Inmendagri Nomor 16 Tahun 2022 yang mengatur perpanjangan PPKM Jawa-Bali dan mulai berlaku pada tanggal 15 Maret sampai 21 Maret 2022.

Serta Inmendagri Nomor 17 Tahun 2022 yang mengatur perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali dan berlaku efektif untuk dua pekan ke depan, tepatnya mulai hari ini hingga 28 Maret 2022.

Dalam Inmendagri Nomor 16 Tahun 2022, Safrizal menuturkan terjadi penurunan terhadap jumlah wilayah yang menerapkan PPKM level 3 di Jawa Bali.

Menurut penjelasannya, hal ini dikarenakan adanya perbaikan kondisi penanganan Covid-19 di Jawa-Bali

"Berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan kepada pemerintah daerah menunjukkan bahwa penanggulangan Covid-19 di Indonesia memperlihatkan trend yang terus membaik dengan adanya penurunan jumlah kasus harian," kata Safrizal dalam keterangan resminya, Selasa (15/3/2022).

Dia menuturkan dalam Inmendagri ini daerah yang berstatus level 2 mengalami kenaikan, dari sebelumnya 37 daerah menjadi 55 daerah pada perpanjangan PPKM minggu ini.

"Sementara terjadi penurunan jumlah daerah yang berada di Level 3 yang semula berjumlah 84 daerah menjadi 66 daerah," ujarnya.

Sedangkan untuk daerah Level 4, dia mengatakan belum mengalami perubahan dari Inmendagri Nomor 15 Tahun 2022, yaitu tetap 7 daerah.

"Begitu juga halnya dengan Level 1 hingga saat ini belum ada daerah di wilayah Jawa dan Bali yang masuk ke Level 1," ujarnya.

Berdasarkan Inmendagri Nomor 17 Tahun 2022, daerah di luar jawa-bali saat ini juga menunjukkan kondisi yang lebih baik di mana sudah banyak daerah kabupaten/kota yang turun dari Level 3 menjadi Level 2.

"Pada pemberlakuan PPKM kali ini, jumlah daerah yang berada di Level 3 mengalami penurunan yang sangat signifikan dari 320 daerah menjadi 200 daerah," ujarnya.

Hal tersebut, lanjut dia, diikuti dengan naiknya jumlah daerah yang berada di Level 2 dari 63 daerah menjadi 168 daerah.

Sementara untuk daerah di luar Jawa-Bali yang menerapkan Level 1 juga mengalami penambahan, dari yang sebelumnya 3 daerah menjadi 18 daerah.

sumber : https://www.kompas.tv/article/270548/tito-karnavian-terbitkan-2-inmendagri-terbaru-soal-ppkm-banyak-daerah-turun-ke-level-2?page=2

Post a Comment

0 Comments