Satgas Minta Pemda Evaluasi Indikator Penurunan Level PPKM


 Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah yang level PPKM-nya masih tinggi untuk melakukan evaluasi terhadap indikator penurunan level PPKM. Ini agar kegiatan di daerah tersebut bisa kembali produktif baik sosial maupun ekonomi.

"Pemerintah daerah wajib kembali mengevaluasi indikator penurunan level PPKM yaitu dengan mengendalikan transmisi komunitas dengan menurunkan kasus konfirmasi, rawat inap di Rumah Sakit, dan kematian," kata Wiku dalam keterangan persnya secara virtual, Kamis (17/3/2022).

Wiku juga meminta pemerintah daerah meningkatkan kapasitas respons kesehatan yang mencakup kemampuan testing tracing dan treatment, dan meningkatkan cakupan vaksinasi khususnya vaksinasi kelompok rentan. Selain itu, selama pelaksanaan kegiatan sosial dan hiburan, pemerintah daerah harus menjamin celah penularan akibat penyesuaian kebijakan dapat terlaksana dengan baik.

"Khususnya dengan peraturan yang implementatif dan sistem monitoring yang tegas," kata Wiku.

Wiku mengingatkan masyarakat di masa transisi pandemi Covid-19 yang membutuhkan waktu ini, harus bersiap-siap berdampingan dengan Covid-19. Karena itu, ia menilai perlu kebijaksanaan bagi semua orang untuk melakukan aktivitas agar kondisi kasus terkendali secara konsisten.

"Untuk itu, pemerintah percaya bermodalkan pembelajaran selama dua tahun terakhir, masyarakat dapat mandiri dalam menjalankan aktivitas produktif yang aman sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari," katanya.

sumber : https://www.republika.co.id/berita/r8w8tx370/satgas-minta-pemda-evaluasi-indikator-penurunan-level-ppkm

Post a Comment

0 Comments