PPKM di DIY Turun ke Level 3, Sri Sultan Hamengku Buwono X: Semua Sudah Lelah


 Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) level 4 di Yogyakarta dijadwalkan berakhir hari ini, Senin (21/3/2022).

Dalam rapat koordinasi dengan pemerintah pusat, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut hasil asesmen wilayah DI Yogyakarta per 18 Maret 2022 lalu, Yogyakarta berada di PPKM level 3.

Menanggapi penurunan level tersebut, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut bahwa tak ada perubahan signifikan jika wilayah yang dimpinnya mengalami penurunan level PPKM .

Penegakan protokol kesehatan maupun penggunaan masker tetap menjadi hal yang perlu diperhatikan masyarakat.

"PPKM level 4 level 3 sakjane podo wae (sebenarnya sama saja). Karena kita sudah dua tahun (pandemi), karena kondisinya (kasus) menurun saja. Tetap sama saja, prokes dan masker tetap jadi prioritas. Semoga ini terus menurun, sudah dua tahun lebih kok," terang Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (21/3/2022).

Raja Keraton ini melanjutkan, masyarakat sudah lelah menghadapi situasi pandemi.

Terlebih wabah Covid-19 melanda lebih dari dua tahun lamanya.

Menurutnya, tren penambahan kasus terkonfirmasi di DIY telah mengalami penurunan.

Hal itu dilihat dari jumlah kesembuhan yang selalu lebih besar dari penambahan kasus positif harian.

Pihaknya pun meminta pemerintah kabupaten/kota untuk tetap fokus menangani pandemi.

Dengan demikian, diharapkan tren penurunan dapat dipertahankan.

"Semua itu sudah lelah. Sebetulnya yang punya pasien kan kabupaten/kota. Jadi bagaimana kabupaten kota tetap menjaga kondisi yang turun begini bisa dijaga," tukas Sri Sultan Hamengku Buwono X .

Disinggung perubahan status dari pandemi ke endemi, Sultan menyebut bahwa hal itu merupakan wewenang pusat berdasarkan rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

Daerah pun juga harus memiliki kesiapan yang matang sebelum berstatus endemi. Karena, mobilitas dan aktivitas masyarakat tentu akan meningkat signifikan.

"Akan makin banyak orang datang ke Yogya. Karena naik pesawat saja tidak perlu PCR dan sebagainya. Yang dibatasi, gimana satu-satunya cara ya prokes dan masker di mana pun itu harus dipakai," tegas Sri Sultan Hamengku Buwono X .

sumber : https://jogja.tribunnews.com/2022/03/21/ppkm-di-diy-turun-ke-level-3-sri-sultan-hamengku-buwono-x-semua-sudah-lelah

Post a Comment

0 Comments