Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Jawa-Bali hingga 21 Maret


 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan masa berlaku PPKM diperpanjang kembali dari 15-21 Maret 2022.

Penetapan tersebut seiring dengan membaiknya kondisi di banyak daerah yang masuk ke dalam status PPKM Level 2. Meski tak dirinci lebih jauh, namun jumlah daerah yang masuk ke dalam status PPKM level 2 mengalami peningkatan.

"Seiring dengan penurunan kasus, jumlah kabupaten/kota yang masuk ke dalam (PPKM) Level 2 berdasarkan asesmen minggu ini mengalami peningkatan," ujar Luhut, dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Senin, 14 Maret 2022.

Selain itu, pemerintah juga mengumumkan untuk kembali memperpanjang PPKM di wilayah luar Jawa-Bali hingga 28 Maret 2022. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada kesempatan yang sama.

"Diusulkan perpanjangan PPKM (luar Jawa-Bali) 14 hari ke depan pada 15-28 Maret," paparnya.

Dengan perpanjangan masa PPKM luar Jawa-Bali tersebut, terdapat 18 kabupaten/kota yang masuk pada kategori level 1, 168 kabupaten/kota masuk pada kategori level 2, dan 200 kabupaten/kota yang berada pada kategori level 3.

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa jumlah penambahan kasus harian telah mengalami penurunan secara drastis dari puncak penambahan kasus yang terjadi pada 3 Maret 2022 lalu yang mencapai 13.118 kasus di luar Jawa Bali. Hal serupa juga terjadi pada jumlah kasus aktif.

"Kasus aktif itu dibandingkan dengan puncak sudah turun dari 183.482 menjadi 127.121 di 13 Maret dan secara keseluruhan proporsi (kasus covid-19) di Jawa Bali dibandingkan nasional yakni 37,07 persen, di Delta kemarin luar Jawa-Bali bisa lebih dari 50 persen," tutup Airlangga.

sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/3NOz1GzK-pemerintah-kembali-perpanjang-ppkm-jawa-bali-hingga-21-maret

Post a Comment

0 Comments