Pandemi di Banjarbaru: BOR Turun, Sembuh Naik


 Kasus lonjakan penularan Covid-19 di Banjarbaru terlihat masih terjadi. Tak ayal, rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan beberapa waktu terakhir diisi oleh cukup banyak pasien Covid-19.

Peranan rumah sakit rujukan dalam menekan laju penularan melalui upaya perawatan memang dibilang penting. Terlebih salah satu indikator dalam penentuan tingkat penularan di suatu daerah dilihat dari persentase Bad Occupancy Ratio (BOR).

BOR sendiri merupakan tingkat keterisian kasur yang ada di suatu rumah sakit. Nah, di Banjarbaru persentase BOR nya diklaim mulai melandai meskipun belum begitu signifikan merosot.

Dari data terbaru per tanggal 2 Maret 2022, BOR RSD Idaman selaku rumah sakit rujukan sudah turun menjadi 69,23 persen. Yang mana beberapa hari lalu, angka BOR sempat menyentuh di atas 80 persen.

“Ada penurunan kalau yang terbaru. Misalnya satu hari lalu BOR kita ada di angka 78,84 persen, dan sekarang bisa turun ke 69,23 persen,” kata Kasi Pelayanan Medik RSD Idaman Banjarbaru, dr Siti Ningsih kemarin.

Misalnya, angka BOR yang sangat tinggi tercatat pada tanggal 26 Februari lalu. Saat itu RSD Idaman mencatat persentase BOR ada di angka 81,84 persen. Bahkan saat itu diberitakan sejumlah nakes ikut tertular Covid-19.

Meski belum begitu ideal, namun turunnya angka BOR ini ujar Siti juga menimbulkan dampak positif. Musabab, dari turunnya BOR maka juga akan mendongkrak angka kesembuhan pasien.

“Untuk angka kesembuhan dan juga pulang isoman ada peningkatan. Jauh lebih membaik jika dibanding beberapa hari ke belakang. Sekarang angka kesembuhan dan pulang isoman kita sudah 77,9 persen,” katanya.

Lantas bagaimana dengan kondisi RSD Idaman sekarang? Siti menyebut jika untuk logistik seperti oksigen, kamar dan obat-obatan masih dalam kategori cukup.

“Logistik dan ruangan masih aman. Untuk karyawan yang tertular juga istirahat bebas tugas dulu sekaligus isolasi mandiri. Kita di RS juga support obat untuk karyawan yang tertular,” katanya.

Dengan situasi tersebut, ia menyebut jika sejauh ini RSD Idaman belum masuk di tahap kritis atau kewalahan. “Alhamdulillah masih aman, semoga bisa terus turun,” tutupnya.

sumber : https://radarbanjarmasin.jawapos.com/banua/03/03/2022/pandemi-di-banjarbaru-bor-turun-sembuh-naik/

Post a Comment

0 Comments