Pakar Virus Memprediksi Risiko Covid-19 Sekarang Ini


 Di banyak negara, masyarakat sudah memasuki masa new normal. Beberapa kasus Covid-19 di sejumlah negara ada yang naik dan ada juga yang turun.

Antivirus oral dan perawatan untuk Covid-19 kini tersedia lebih banyak. Satu per satu negara mulai mencabut peraturan memakai masker. Lantas timbul pertanyaan, apakah aman menanggalkan masker pada saat pandemi masih terjadi? Bagaimana risiko tertular Covid-19 pada masa sekarang?

"Data yang keluar menunjukkan bahwa perlindungan dari vaksin, terutama tiga dosis vaksin, bahkan dua dosis vaksin, cukup besar dan tahan lama. Ini jika Anda berbicara tentang perlindungan terhadap penyakit parah dan rawat inap," ujar mantan kepala FDA yang saat ini menjabat di Dewan Pfizer Pharmaceuticals, Scott Gottlieb, seperti dilansir di laman Eat This, Not That, Rabu (23/3/2022).

Namun dalam hal perlindungan dari penyakit simtomatik dan dari infeksi, itu mulai lebih berat segera. Hal ini tergantung pada antibodi yang bersirkulasi, yang setelah jangka waktu mulai menurun dan tidak begitu menonjol dalam darah Anda.

"Saya pikir ini benar-benar vaksin enam bulan dalam hal memberikan perlindungan yang sangat berarti terhadap penyakit simtomatik dan infeksi, dan ini kemungkinan akan menjadi vaksin tahunan bagi sebagian besar orang Amerika," ujar Gottlieb.

"Saya pikir bagi mereka yang rentan, Anda harus berpikir untuk mendapatkan suntikan setiap enam bulan saat berada di lingkungan dengan prevalensi tinggi," kata dia.

Jadi apakah setiap orang membutuhkan dosis keempat sekarang? Dia mengatakan, dosis vaksin keempat saat ini disetujui dan direkomendasikan untuk orang-orang yang kekebalannya terganggu. Pfizer dan Moderna telah mengajukan permohonan otorisasi penggunaan darurat untuk dosis vaksin keempat yakni untuk orang berusia 65 tahun ke atas (pfizer) dan di Moderna untuk semua orang dewasa.

"Jika kita berada di lingkungan dengan prevalensi rendah, saya pikir kebanyakan orang Amerika yang memiliki tiga dosis vaksin akan memiliki perlindungan yang cukup selama musim panas," ujar Gottlieb.

sumber : https://www.republika.co.id/berita/r97c92425/pakar-virus-memprediksi-risiko-covid19-sekarang-ini

Post a Comment

0 Comments