Mengenal Arti WFH dan Tipsnya Agar Tetap Produktif


 WFH adalah istilah populer sejak merebaknya pandemi Covid-19. Arti WFH sendiri kerapkali disamakan dengan bekerja dari rumah.

Apa itu WFH? WFH adalah singkatan dari Work from Home. Secara harfiah, WFH adalah bekerja dari rumah, namun arti WFH kini lebih meluas. WFH artinya tak hanya bekerja dari rumah, namun bisa dari mana saja asalkan tidak datang ke kantor.

Konsep WFH adalah pada dasarnya sudah tercetus ketika revolusi industri 4.0 dimulai, di mana mesin dan teknologi canggih dengan konsep otomatisasi sudah diandalkan dalam proses produksi barang serta segala kebutuhan dapat dipenuhi melalui digitalisasi.

Arti WFH Merujuk pada laman Urban Dictionary, arti WFH adalah konsep perusahaan yang tidak mengharuskan karyawan datang ke kantor untuk bekerja, mereka bisa bekerja dari rumah. WFH adalah istilah yang sangat populer sejak adanya pandemi Covid-19.

Di mana saat itu banyak orang diharuskan melakukan karantina sendiri di rumah tanpa harus meninggalkan pekerjannya.

Dengan kata lain, WFH adalah pekerjaan yang sama di kantor namun hanya dilakukan cukup dari rumah dengan berbagai macam platform seperti email hingga meeting online.

Sementara dikutip dari Owllabs, WFH artinya seorang karyawan bekerja dari rumah, apartemen, atau tempat tinggal mereka, daripada bekerja dari kantor. Banyak perusahaan memiliki kebijakan WFH, atau kebijakan kerja jarak jauh, yang memungkinkan karyawan mereka untuk bekerja dari rumah baik penuh waktu atau saat kapan pun di waktu yang paling nyaman bagi mereka.

Bahkan meski pandemi di banyak negara sudah dianggap mereda, WFH adalah konsep yang dipastikan akan tetap dipertahankan. Banyak perusahaan masih tetap menerapkan apa itu WFH. Misalnya, sebagian perusahaan yang hanya mempraktikan WFH pada hari-hari tertentu, seperti pada hari Rabu atau pada hari lainnya.

Bahkan, ada perusahaan yang mulai berani memberlakukan arti WFH secara permanen, namun hanya untuk departemen tertentu. Dengan permanen,

WHF adalah bisa dilakukan selamanya tanpa batas waktu. Mereka yang mendapatkan keistimewaan permanen WFH adalah pekerja IT, penulis, editor, software engineer, dan sebagainya.

Arti WFH juga semakin meluas. WFH artinya tak hanya berlaku untuk mereka yang bekerja dari rumah, WFH adalah berarti untuk mereka yang tidak perlu ke kantor, entah bekerja dari restoran atau cafe, villa, pantai, sesuai dengan keinginan dari karyawan atau pekerja tersebut.

WFH artinya bukan berarti tidak masuk kantor, melainkan pekerjaan dapat diselesaikan di mana saja dengan menggunakan teknologi dan informasi. Kelebihan WFH adalah efisiensi kelebihan WFH adalah memang mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Hal ini tentu saja untuk mendukung keseimbangan dari karyawan untuk mengimbangi antara kehidupannya dan juga pekerjaan sebagai salah satu karyawan di suatu perusahaan. Banyak karyawan selama ini merasa kurang bertemu dengan keluarga.

WFH adalah solusinya, sehingga karyawan pun tak perlu mengambil cuti. Karyawan dengan skema kerja WFH artinya memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dibandingkan harus bekerja datang ke kantor setiap hari.

Dengan WFH artinya karyawan bisa menentukan jam kerja sesuai dengan keinginan mereka.

Hal ini karena setiap orang memiliki jam produktif yang berbeda-beda, jam kerja bukan lagi terpaku dengan sistem dari jam 8 hingga jam 5 sore.

Berikut sejumlah kelebihan WFH: 1. Hemat biaya transportasi Manfaat WFH adalah penghematan uang transportasi. WFH artinya banyak pekerja kantor tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi saat bekerja. Hal ini membuat pekerja dapat menghemat pengeluaran dan mengalokasikan uang.

2. Waktu kerja fleksibel Kelebihan kedua WFH adalah jam kerja pekerja jauh lebih fleksibel. Karyawan bisa menyelesaikan waktu lebih longgar, selain itu karyawan tidak harus menghabiskan waktu di jalan untuk berkendara menuju kantor.

3. Dekat dengan keluarga WFH artinya akan lebih banyak waktu untuk keluarga. Selama ini, tak jarang karyawan kehabisan waktu berkualitas dengan keluarga. Di kota-kota besar, bahkan banyak kepala keluarga harus berangkat bekerja sebelum anak-anaknya bangun dan pulang setelah mereka tertidur. WFH adalah solusinya.

Kekurangan WFH

Namun demikian, meski memiliki beberapa kelebihan, WFH juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan dari bekerja WFH adalah tempat kerja yang tidak kondusif, terlebih apabila bekerja di rumah dengan gangguan dari keluarga yang sudah memiliki anak. Kekurangan lainnya WFH adalah sulitnya koordinasi.

WFH artinya bekerja tanpa perlu ke kantor, sehingga koordinasi harus dilakukan melalui email, chat, hingga rapat pertemuan online. Hal ini tentu tak bisa mengalahkan komunikasi dengan tatap muka secara langsung. Kebiasaan di kantor yang memudahkan koordinasi sesama rekan kerja ataupun klien akan membuat WFH lebih merepotkan.

Tips WFH tetap produktif

Berikut beberapa tips bekerja WFW agar kita tetap produktif:

  1. Sediakan tempat yang kondusif
  2. Buat jadwal kerja
  3. Rajin olahraga agar tubuh tetap fit
  4. Sediakan waktu untuk bersantai
  5. Bekerjalah di ruangan yang pencahayaan dan ventilasi udaranya baik
  6. Putar musik saat merasa jenuh
  7. Batasi diri dari aktivitas media sosial yang berlebihan

sumber : https://money.kompas.com/read/2022/03/06/134529226/mengenal-arti-wfh-dan-tipsnya-agar-tetap-produktif

Post a Comment

0 Comments