Kemendagri: Aturan PPKM di Inmendagri Nomor 13 dan 14 Tak Ada yang Berubah


 Jakarta, Beritasatu.com - Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengatakan, aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 13 dan 14/2022 di wilayah Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali tidak mengalami perubahan.

“Tidak mengalami perubahan dalam masa perpanjangan PPKM kali ini,” kata Safrizal ZA dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/3/2022).

Seperti aturan pembatasan kegiatan di tempat umum, lanjut Safrizal, tetap mensyaratkan bukti sertifikat vaksinasi untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Kemudian tetap harus melakukan percepatan vaksinasi daerah-daerah yang capaiannya masih dibawah 70% dosis pertama dan dibawah 50% dosis kedua.

“Khusus bagi yang sudah melakukan vaksinasi lengkap, Kementerian Kesehatan telah memberikan pernyataan bahwa untuk dewasa dan lansia sudah bisa mendapatkan vaksin booster setelah 3 bulan jeda dari vaksinasi dosis kedua,” ujar Safrizal ZA.

Berbanding lurus dengan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Safrizal menerangkan pemerintah berencana melakukan uji coba terkait pembebasan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tiba di Bali. Hal ini diharapkan dapat menjadi elemen pengungkit bagi bergeraknya denyut ekonomi di Pulau Bali secara progresif.

“Namun demikian kewaspadaan dan kehati-hatian seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat secara luas harus terus dikedepankan,” terang Safrizal ZA.

Oleh karena itu, Safrizal menitipkan pesan kepada pemerintah daerah untuk tetap mensiagakan posko Covid-19 yang sudah ada di RT/RW termasuk di Desa/Kelurahan melalui koordinasi aparat kewilayahan, yang kesemuanya bermuara pada konsistensi pelaksanaan disiplin protokol kesehatan yang ketat di lapangan.

sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/896783/kemendagri-aturan-ppkm-di-inmendagri-no-13-dan-14-tak-ada-yang-berubah


Post a Comment

0 Comments