5 Varian Aromaterapi Untuk Menghilangkan Stres Selama WFH


 Aromaterapi menjadi suatu barang yang diminati dan digunakan banyak orang. Aktivitas yang terbatas selama pandemi menjadikan seseorang lebih cepat untuk mengalami stres. Untuk itu, aromaterapi hadir sebagai pengusir stres karena aromanya yang menyenangkan.

Banyak varian aromaterapi yang bisa kamu jumpai di pasaran. Melansir laman Very Well Mind, berikut varian aromaterapi yang dapat menghilangkan stres.

Varian Aromaterapi Untuk Menghilangkan Stres
1. Lavender

Wangi lavender dapat meningkatkan perasaan puas, peningkatan suasana hati serta kinerja positif. Aroma ini telah terbukti dapat mengurangi kortisol dan menenangkan ibu dan bayi yang baru lahir. Karena hal itu, banyak aromaterapi lavender yang menggunakan ibu dan bayi dalam iklannya.

Selain itu, aroma ini juga baik untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Bekerja sebagai pereda kecemasan, aroma ini dapat meningkatkan ketenangan dan relaksasi, serta membantumu untuk tidur.

2. Rosemary

Aroma rosemary dikenal dapat memberikan perasaan puas. Wangi rosemary memiliki efek positif pada kinerja dan suasana hati. Hal ini karena kemampuan aroma rosemary dapat mengurangi kadar kortisol, yang merupakan penyebab stres. Kamu bisa memilih aroma ini sebagai aromaterapi saat bekerja.

3. Peppermint

Terkenal dengan beragam manfaatnya untuk kesehatan, peppermint juga bagus untuk aromaterapi. Bagi kamu yang sedang stres saat bekerja, kamu bisa menggunakan aromaterapi dengan wangi peppermint.

Sebab, aroma peppermint dapat memicu efek menenangkan yang membantu merilekskan orang yang mengalami sakit kepala parah. Selain itu, aromaterapi peppermint juga dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan.

Lemon dan Ylang-Ylang
4. Ylang-Ylang

Menggunakan aromaterapi ylang-ylang juga bermanfaat untuk menenangkan suasana hati. Karena efeknya yang menenangkan, ylang-ylang dapat mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan.

Aroma ylang-ylang juga diyakini bisa menjadi salah satu perawatan pendukung orang-orang dengan depresi dan gangguan saraf akibat syok atau kecelakaan. Untuk itu, aroma ylang-ylang menjadikannya pilihan yang bagus untuk bersantai dan menghilangkan stres di penghujung hari.

5. Lemon

Aroma lemon juga ampuh untuk menghilangkan stres dan meningkatkan suasan hati. Wangi lemon terbukti dapat merangsang produksi dopamin dan serotonin yang berkontribusi pada penurunan kecemasan. Tak hanya itu, aroma lemon juga dapat meningkatkan relaksasi dan menghilangkan rasa mual pada ibu hamil.

Dalam penelitian di jurnal US National Library of Medicine, terdapat penelitian tentang aroma lemon pada ibu hamil pada tahun 2014 yang melibatkan 100 ibu hamil secara acak yang sering merasakan mual.

Peserta penelitian pun terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang menghirup minyak lemon saat mual dan kelompok yang menghirup plasebo, atau minyak yang tak memiliki kandungan apapun. Hasilnya, para ibu hamil yang menghirup aroma lemon mengaku merasa lebih jarang mual atau muntah dalam kehamilannya.

sumber : https://kitakini.news/114889/5-varian-aromaterapi-untuk-menghilangkan-stres-selama-wfh/

Post a Comment

0 Comments