WFH Kembali Diperpanjang, Ikuti 5 Cara Ini Agar Terhindar dari Serangan Siber


 Waspada serangan siber saat pemberlakukan work form home atau WFH diperpanjang.

Dalam artikel ini, Selular.ID membagikan lima cara agar terhindar dari serangan siber saat sedang WFH.

Pelaksanaan penerapan pemberlakuan masyarakat (PPKM) Level 3 untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) kembali di perpanjang.

Selama masa PPKM ini, kantor sektor non esensial hanya diperbolehkan melakukan sistem bekerja di kantor atau work from office (WFO) dengan kapasitas 50 persen.

Artinya, tingkat serangan siber Kembali terbuka lebar. Berdasarkan catatan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), peningkatan serangan siber terjadi karena banyaknya kegiatan bekerja dilakukan tanpa proteksi yang memadai.

Sebelumnya, berdasarkan data BSSN mencatat terdapat 888.711.736 serangan siber melanda Indonesia sepanjang Januari-Agustus 2021.

Adapun, serangan siber yang melanda Indonesia lebih banyak dalam bentuk malware, denial service atau aktivitas yang mengganggu ketersediaan layanan hingga trojan activity.

Maka untuk menjaga diri Anda aman dari ancaman online, pakar keamanan Kaspersky menyarankan langkah-langkah dasar namun penting berikut:

Periksa tautan
Langkah pertama yang perlu Anda jalani ialah periksa tautan dengan cermat sebelum mengunjungi situs, terutama untuk kesalahan ejaan atau keanehan lainnya, bahkan jika Anda menganggapnya sebagai situs yang pernah Anda kunjungi secara rutin sebelumnya.

Jangan klik tautan mencurigakan yang dikirimkan kepada Anda melalui SMS, aplikasi SMS, atau platform lainnya

Selalu gunakan koneksi internet sendiri

Gunakan koneksi yang aman, terutama saat Anda mengunjungi situs web sensitif.

Sebagai tindakan pencegahan minimum, jangan gunakan Wi-Fi publik atau tidak dikenal tanpa perlindungan kata sandi. Untuk perlindungan maksimal, gunakan solusi VPN yang mengenkripsi

Selalu ingat jika Anda menggunakan koneksi yang tidak aman, pelaku kejahatan siber dapat mengarahkan Anda ke halaman phishing secara diam-diam.

Jangan gunakan perangkat lunak pihak ke-tiga
Disarankan untuk memblokir penginstalan perangkat lunak dari sumber pihak ketiga di pengaturan perangkat. Ini menghilangkan ancaman yang diunduh secara acak yang mencoba meniru pembaruan sistem dan sejenisnya.

Perhatikan permintaan izin

Saran selanjutnya yang juga tidak kalah penting ialah perhatikan setiap izin yang diminta oleh aplikasi selama penginstalan.

Pikirkan apakah mereka sesuai dengan tujuan aplikasi. Memberikan izin yang salah dapat mengirim data sensitif Anda ke pihak ketiga.

Gunakan anti-malware
Langkah terakhir yang juga tidak kalah penting ialah, selalu jalankan sistem dengan program anti-malware terbaru dan berkualitas, karena melalui solusi tersebut dapat membantu Anda memecahkan sebagian besar masalah secara otomatis dan memperingatkan Anda jika terjadi kesalahan

sumber :https://selular.id/2022/02/wfh-kembali-diperpanjang-ikuti-5-cara-ini-agar-terhindar-dari-serangan-siber/2/

Post a Comment

0 Comments