PPKM Level 4 Kota Cirebon, Segini Jumlah Kasus Covid-19


 Kota Cirebon termasuk salah satu daerah yang menerapkan PPKM Level 4. Kondisi ini salah satunya dipicu tingkat penularan.

Kota Cirebon masuk dalam PPKM Level 4 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 12 tahun 2022.

Dengan status Level 4, Kota Cirebon akan menerapkan kebijakan PPKM lebih ketat. Namun, rinciannya menunggu surat edaran walikota.

Lalu, berapa sebenarnya kasus covid-19 di Kota Cirebon hingga masuk dalam PPKM Level 4?

Melansir Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19, terjadi penambahan kasus pada hari Senin (21/2/2022) sebanyak 69.

Sehingga total kasus aktif kini telah mencapai 661. Terdapat pula penambahan pasien sembuh sebanyak 15 dan tidak ada yang meninggal dunia.

Sebelumnya, Kota Cirebon menjadi satu-satunya kota di Jawa Barat yang berada di Tingkat 4 transmisi komunitas berdasarkan asessment Kementerian Kesehatan.

Tingkat 4 Infeksi

Kondisi tersebut berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (18/2/2022).

Kota Cirebon menempati kategori 4 dalam hal transmisi komunitas.

Angka infeksi atau transmisi covid-19, per 100 ribu penduduk per minggu, menempatkan Kota Cirebon ada di level 4.

Angka inveksi ini melonjak drastis dari segi kurva, dibandingkan 26 Januari 2022. Hal serupa juga terjadi untuk kategori rawat inap rumah sakit, yang ada di level 4.

Pada kategori rawat inap rumah sakit tercatat angka 51,76 per 100 ribu penduduk per minggu. Angka ini juga melompat drastis dari 29 Januari 2022.

Sedangkan untuk kematian, masih ada di tingkat atau level 1. Atau 1-2 kematian per 100 ribu penduduk per minggu.

Kondisi yang menyebabkan Kota Cirebon ada di level 4 adalah testing yang terbatas dengan positivity rate 18,51 persen per minggu.

Sebelumnya, Menko Marinves, Luhut Binsar Pandjaitan juga telah menyebutkan bahwa ada beberapa daerah yang masuk dalam PPKM Level 4.

“Kenaikan level asessment disebabkan tingkat rawat inap rumah sakit. Daerah yang dimaksud akan dirilis lewat Instruksi menteri Dalam Negeri,” kata Luhut, dalam jumpa pers virtual.

Luhut meminta masyarakat tidak perlu panik. Yang terpenting adalah, pastikan sudah divaksin, pola hidup sehat dan patuhi protokol kesehatan.

Keputusan perpanjangan PPKM itu dikeluarkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2022. Tercatat ada 4 kota yang naik jadi PPKM level 4.

sumber : https://www.radarcirebon.com/2022/02/22/ppkm-level-4-kota-cirebon-segini-jumlah-kasus-covid-19/3/

Post a Comment

0 Comments