Pemerintah Perpanjang PPKM Jawa-Bali, Mayoritas Level 3


 Kasus Covid -19 masih terpantau tinggi dibeberapa wilayah Jawa dan Bali, meski sudah menunjukan tren penurunan. Sehingga pemerintah masih melanjutkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus nasional sudah menunjukan adanya penurunan. Begitu juga dengan tingkat rawat inap rumah sakit, dan kematian.

"Secara keseluruhan berada pada level yang rendah di bawah varian delta," kata Luhut, dalam keterangan resmi, Senin(28/2/2022).

Begitu juga untuk wilayah Jawa dan Bali, Lanjut Luhut yang sudah menunjukan tren penurunan kasus secara signifikan. Hanya wilayah Yogyakarta, dan Jawa Tengah yang masih mengalami peningkatan kasus.

Sementara untuk level vaksinasi Luhut melaporkan sudah semakin baik. Dimana percepatan vaksinasi dosis dua umum dan lansia hanya tersisa 7 kabupaten/kota yang tidak memenuhi syarat dosis kedua dari 21 kabupaten/kota. Selain itu untuk dosis kedua lansia juga hanya tersisa 10 kabupaten/kota dari pekan lalu mencapai 26 kabupaten/kota.

"Pemerintah akan terus mengkaji dan menerapkan kebijakan yang dapat mendorong tingkat vaksinasi ke level tertinggi agar syarat pra kondisi endemi dapat segera tercapai," katanya.

Selain itu pemerintah memutuskan untuk melanjutkan aturan PPKM Wilayah Jawa dan Bali akan diperpanjang hingga 7 hari kedepan, yang artinya akan dilakukan evaluasi lagi pada 7 Maret 2022 mendatang.

"Kalau Jawa & Bali itu evaluasi 7 hari," kata Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, kepada CNBC Indonesia, Senin (28/2/2022).

Menteri koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hratarto mengatakan pemerintah akan melakukan perpanjangan PPKM sampai 14 hari kedepan.
Dia menjelaskan kasus Covid-19 di luar wilayah Jawa dan Bali berkontribusi sebanyak 31,7% dari jumlah kasus nasional atau sebanyak 138.448 kasus.

Dari evaluasi pekan lalu sebanyak 63 kota/kabupaten akan menerapkan PPKM level 1, sebanyak 63 kota/kabupaten akan menerapkan PPKM level 2, dan sebanyak 230 kota/kabupaten akan menerapkan PPKM level 3.

"Dan pemerintah (pusat) bersama pemerintah daerah terus memonitor langkah-langkah agar bisa dimitigasi dan diantisipasi," kata dia dalam konferensi pers, Minggu (27/2/2022).

Provinsi yang diperkirakan masih mencatat kenaikan kasus Covid-19, terang dia, yakni Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Lampung, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Riau.

"Terkait dengan perkembangan bed occupancy rate di rumah sakit di Sumatera Utara dengan kasus aktif 23.563, bor masih 30% dengan konversi 20%, Kalimantan Timur kasus aktif 19.573 bor 41%, konversi 24%, Sulawesi Selatan kasus aktif 18.954, bor-nya 29% dan konversi 23%. Secara keseluruhan rata-rata bor di luar Jawa Bali sebesar 30%, masih di bawah nasional 36%," jelas dia.

sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220228105526-4-318933/pemerintah-perpanjang-ppkm-jawa-bali-mayoritas-level-3/2

Post a Comment

0 Comments