Luhut: Jabodetabek Naik ke PPKM Level 3

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: BSTV

 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor manghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam kesempatan itu, Menko Luhut menyampaikan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) naik ke PPKM Level 3.

Rakor dilakukan secara virtual, dalam rangka evaluasi PPKM Jawa Bali, yang dilaksanakan di Ruang Rapat III Setda Kabupaten Bogor, Minggu (6/2/22) dan dihadiri Satgas Kabupaten Bogor.

Dalam paparannya, Luhut menjelaskan, beberapa daerah akan naik menjadi PPKM level 3 seperti Jabodetabek, DIY, Bali dan Bandung Raya.

"Beberapa kabupaten/kota akan masuk level 3 dengan pembatasan aktivitas yang lebih ketat. Saya minta gubernur dan walikota agar segera mempersiapkan bantuan ekonomi kepada kelompok masyarakat atau dunia usaha yang terkena dampak dari pembatasan aktivitas yang lebih ketat," papar Menko Marves Luhut.

Ia pun meminta, masyarakat yang bergejala ringan untuk dirawat di Isoter guna mengurangi perawatan di rumah sakit. Untuk kekebalan varian Omicron, vaksinasi dosis dua terutama untuk Lansia harus dikejar.

Menko Marves meminta sebagai upaya penanganan menghadapi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron yakni, pertama ia meminta para gubernur, walikota, bupati untuk mengkonversi tempat tidur rumah sakit menjadi tempat tidur Covid ke tingkat yang sama dengan puncak Delta.

"Kita siap-siap saja pada skenario paling buruk, tapi kita jauh lebih bagus dari Juli tahun lalu karena kita punya pengalaman dan kesiapan rumah sakit, obat dan sebagainya."

"Kedua saya minta para gubernur, walikota memperbanyak tempat isolasi terpusat untuk menampung pasien," ujarnya.

Ketiga lanjut Luhut, ia meminta para gubernur, walikota, bupati untuk memastikan terdapatnya alat proteksi. ini hal penting untuk para gubernur agar dapat memastikan tenaga kesehatan sudah memakai alat pelindung diri (APD).

Untuk para Bupati, tolong dilihat dan diperhatikan, jangan sampai tenaga kesehatan (Nakes) banyak yang terpapar Covid yang bisa menyebabkan kolaps, karena Nakes tidak diproteksi.

Keempat ia meminta gubernur, walikota mengakselerasi vaksinasi dosis 2 dan booster terutama untuk Lansia dan kelompok rentan.

Lalu kelima ia meminta para gubernur, walikota dan bupati bersama TNI dan Polri menegakkan aturan PPKM yang ada dalam Inmendagri selama satu bulan ke depan.

"Pergerakan untuk Lansia dan orang yang memiliki komorbid agar dibatasi dan terdapat larangan orang-orang yang belum divaksin (bukan karena alasan medis) untuk beraktivitas di publik," tandasnya.

sumber : https://investor.id/national/281538/luhut-jabodetabek-naik-ke-ppkm-level-3

Post a Comment

0 Comments