Lampung PPKM Level 2, Hajatan Kapasitas 50 persen Live Musik Ditiadakan


 Pemerintah Provinsi Lampung resmi mengeluarkan kebijakan Nomor 4 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat pada kriteria level 2.

Perlu diketahui 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung masuk dalam kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 penyebaran virus covid-19.

"Memperhatikan meningkatnya penambahan kasus konfirmasi Covid-19 dan berdasarkan arahan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada Rapat Koordinasi Terbatas tanggal 5 Februari 2022, bahwa Kepala Daerah dapat mengambil kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19 di daerahnya berdasarkan situasi dan kondisi penyebaran di daerah masing-masing," tulis Arinal dalam surat kebijakan tertanggal 7 Februari 2022.

Lebih lanjut dalam kebijakan tersebut tertulis beberapa peraturan yang harus dilaksanakan mulai dari 7 februari hingga 14 Februari 2022.

"Instruksi Gubernur ini mulai berlaku pada tanggal 7 Februari 2022 sampai dengan tanggal 14 Februari 2022 dan pada saat Instruksi Gubernur ini berlaku maka Instruksi Gubernur Nomor 3 Tahun 2022 tanggal 1 Februari 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Kriteria Level 2 dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Provinsi Lampung, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," jelasnya.

Adapun beberapa aturan dalam ingub itu diantara sebagai berikut:

1. Pelaksanaan kegiatan di tempat kerja/perkantoran (Perkantoran Pemerintah / Kementerian / Lembaga/ Pemerintahan Daerah, Perkantoran BUMN/ BUMD/ Swasta) dengan menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 50 persen dan Work From Office (WFO) sebesar 50 persen. Pemberlakukan WFH dan WFO disesuaikan dengan pengaturan dari Kementerian/Lembaga atau masing- masing Pemerintahan Kabupaten.

2. Pelaksanaan kegiatan makan/minum ditempat umum pada rumah makan/restoran kafe, baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat

perbelanjaan/mall. Makan atau minum di tempat sebesar 50 persen dari kapasitas, jam operasional dibatasi sampai dengan pukul 21.00 Wib.

3. Pelaksanaan kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan pembatasan jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 WIB. Pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 50 perse dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau penerapan protokol yang diatur oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

4. Pelaksanaan kegiatan bioskop yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall untuk wilayah yang berada dalam. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Kabupaten/Kota terhadap semua pengunjung dan

pegawai. Kapasitas maksimal 75 persen dan hanya pengunjung dengan kriteria hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk.

5. Restoran dan kafe di dalam area bioskop dapat melayani makan ditempat/dine in dengan kapasitas pengunjung 50 persen, 2 orang permeja. Menerima makan dibawa pulang/delivery/ take away dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

6. Pelaksanaan kegiatan ibadah (pada tempat ibadah di

Masjid, Mushola, Gereja, Pura dan Vihara serta tempat

ibadah lainnya) dapat dilakukan paling banyak 756

(tujuh puluh lima persen) dari kapasitas atau 75 (tujuh

puluh lima) orang dengan penerapan protokol kesehatan

secara lebih ketat serta memperhatikan pengaturan

teknis dari Kementerian Agama:

7. Pelaksanaan kegiatan pada area publik (fasilitas umum,

taman umum, tempat wisata umum atau area publik

lainnya) diizinkan dibuka dengan kapasitas maksimal

50 persen dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

8. Resepsi pernikahaan dan kegiatan hajatan (kemasyarakatan) diizinkan paling banyak 50 persen dari kapasitas dengan penerapan protokol Kesehatan yang ketat, tidak ada hidangan makanan ditempat dan hiburan musik (live musik).

sumber: https://www.saibumi.com/artikel-116220-lampung-ppkm-level-2-hajatan-kapasitas-50-persen-live-musik-ditiadakan%C2%A0%C2%A0.html

Post a Comment

0 Comments