Kemenkes: Konsisten Terapkan PPKM, Kasus Covid-19 Cepat Menurun

 Jakarta Kasus penularan Covid-19 di Indonesia diyakini akan menurun jika masyarakat konsisten menerapkan kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pemerintah telah memutuskan untuk meningkatkan level PPKM di Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya menjadi level 3 hingga 14 Februari 2022. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi meyakini PPKM kali ini akan berhasil menekan penularan Covid-19.

"Iya karena kan kita sudah pernah bisa menurunkan kasus dalam 3 Minggu dari puncak kasus Delta dan menekan terus kasus positif dengan kebijakan PPKM,” kata Nadia kepada wartawan, Jumat (11/2/2022).

Nadia membeberkan kunci keberhasilan PPKM adalah kerja sama dan pengertian serta kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan PPKM itu. Pendapatan senada dikatakan ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan.

"PPKM dan vaksinasi akan berhasil menekan penularan, perawatan rumah sakit, dan kematian akibat Covid-19. Kunci keberhasilannya adalah penerapan PPKM yang konsisten,” kata Iwan.

Dia memprediksi puncak transmisi pada akhir Februari atau awal Maret. “Setelah itu jumlah kasus baru akan turun dan menuju ke kondisi wabah terkendali,” ujar Iwan.

sumber : https://www.liputan6.com/news/read/4884037/kemenkes-konsisten-terapkan-ppkm-kasus-covid-19-cepat-menurun

Post a Comment

0 Comments