Kasus Covid-19 Meningkat, ASN Tetap Bekerja Normal


 Meski jumlah kasus harian Covid-19 mengalami peningkatan, Pemkot Mataram belum mengambil kebijakan terhadap pembatasan kapasitas pegawai bekerja di kantor. Aparatur sipil Negara (ASN) diminta tetap bekerja normal. Satgas diminta segera melakukan verifikasi untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Sekretaris Daerah Kota Mataram Dr. H. Effendi Eko Saswito mengingatkan, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) diingatkan tetap waspada terhadap potensi penyebaran virus corona. Protokol kesehatan harus menjadi perhatian serius. Khusus pengaturan jumlah ASN yang belum ada regulasi. Pegawai diminta bekerja normal. “Work from home (WFH) belum ada. Kita bekerja normal seperti biasa sampai kita melihat perkembangan kasus,” kata Sekda dikonfirmasi, Senin, 7 Februari 2022.

Pertimbangan belum diberlakukan WFH bagi pegawai, karena melihat segmentasi penularan virus corona. Ia meminta Satgas Covid-19 segera melakukan verifikasi dan mensinkronisasikan data masyarakat yang terpapar. Selanjutnya, data-data itu dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri. Dari data itu, baru diajukan ke kepala daerah sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan, apakah kembali WFH atau sebaliknya. “Kita minta dulu data dari Satgas baru diambil keputusan oleh kepala daerah,” tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr. H. Usman Hadi menyebutkan, data perkembangan kasus positif Covid-19 sampai hari Minggu (6/2), sejumlah 248 kasus. Di antaranya, 44 pasien menjalani perawatan di rumah sakit dan sisanya isolasi mandiri.

Lonjakan kasus ini tidak bisa disimpulkan, apakah klaster pelaku perjalanan atau tidak. Dari hasil pemeriksaan di rumah sakit, puskesmas, maupun klinik terjadi peningkatan kasus inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Faktornya bisa dipengaruhi oleh cuaca dan lain sebagainya. “Kita tidak bisa menyimpulkan begitu, karena kasus yang kita temukan sekarang ini kebanyakan mengeluhkan nyeri pada tenggorakan,” jelasnya.

Evaluasi dilakukan di beberapa puskesmas supaya mendisiplinkan kembali protokol kesehatan di masyarakat. Kelurahan yang masuk zona merah atau kuning perlu diverifikasi kembali.

sumber : https://www.suarantb.com/kasus-covid-19-meningkat-asn-tetap-bekerja-normal/

Post a Comment

0 Comments