Jadi Satu-satunya daerah berstatus PPKM Level 4 di Jatim, ini kata Wali Kota Madiun


 Kabar tak menyenangkan datang dari Kota Madiun. Kota yang dijuluki sebagai Kota Pendekar ini menjadi satu-satunya wilayah di Jawa Timur yang masuk dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Hal tersebut berdasarkan Inmendagri No.11 tahun 2022 tentang perpanjangan PPKM wilayah Jawa dan Bali, pemerintah pusat menganalisa hasil perkembangan kasus Covid-19 di setiap daerah serta capaian vaksinasi.

Adanya pernyataan diatas, Wali Kota Madiun Maidi mengaku bahwa meningkatnya BOR (Bed Okupansi Rate) di rumah sakit yang ada di wilayah ini menjadi sebab Kota Pendekar masuk dalam PPKM assessment 4.

“Untuk BOR rumah sakit, saat ini penuh. Itupun sebenarnya yang mengisi paling banyak warga luar kota,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/2/2022).

Menurut Maidi, penetapan tersebut perlu dilakukan pengkajian ulang. Berdasarkan data pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit lapangan, jumlah pasien dari Kota Madiun sangat kecil.

“Kota Madiun yang kena Omicron kecil, maka perlu dipikirkan dan dikaji ulang,” tuturnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya akan melakukan analisa dan pengkajian ulang jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit lapangan dan rumah sakit lainnya. Selain itu, penambahan tenaga kesehatan pada rumah sakit akan ia lakukan guna meningkatkan pelayanan.

Dengan kembalinya menyandang predikat level 4 pada kasus Covid-19 kali ini, Pemkot Madiun akan kembali melakukan pengetatan peraturan PPKM guna mencegah lonjakan kasus.

“Jam enam (sore) lampu harus mati, tidak boleh masuk kota. Tidak boleh nge-mal, hanya 25 persen saja. Padahal yang sakit warga luar Kota Madiun dan sekitarnya,” tegasnya.

Sementara itu, menindak pembelajaran tatap muka (PTM), pihaknya akan mengurangi prosentase jumlah peserta didik yang hadir.

“Untuk PTM saat ini masih, hanya prosentase dikurangi. Jika ada kasus saat PTM, off dulu. Namun, trennya saat ini turun. Anak-anak masih bisa kita pantau terus,” pungkas Maidi.

sumber : https://www.lensaindonesia.com/2022/02/23/jadi-satu-satunya-daerah-berstatus-ppkm-level-4-di-jatim-ini-kata-wali-kota-madiun.html

Post a Comment

0 Comments