Aturan Terbaru WFO & WFH PPKM Level 3 se-Jabodetabek, Catat!


 Pemerintah kembali menyesuaikan aturan kapasitas bekerja dari kantor (work from office/WFO) di wilayah yang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 10/2022 tentang PPKM Jawa-Bali, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (15/2/2022).

Merujuk pada aturan tersebut, kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 3 terus bertambah, hingga kini berjumlah 66 darah. Wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek, hingga saat ini masih berstatus menerapkan PPKM level 3.

Pemerintah sendiri telah memutuskan untuk melakukan penyesuaian aturan kapasitas bekerja dari kantor di wilayah PPKM level 3, dari sebelumnya hanya 25% menjadi 50%.

"Pada daerah PPKM level 3, kegiatan perkantoran dapat dilaksanakan dengan maksimal 50%," kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA dalam keterangan tertulis.

Berikut aturan lengkap WFO & WFH di wilayah PPKM level 3:

- Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 50% WFO bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja,

- Perkantoran esensial seperti perbankan dan asuransi diatur dengan kapasitas 50% pegawai yang berkaitand dengan pelayanan publik, dan 25% untuk pelayanan administrasi.

- Perkantoran di pasar modal, hingga teknologi informasi dan komunikasi dapat beroperasi dengan kapasitas 50% staf.

- Khusus perhotelan non karantina dapat beroperasi dengan kapasitas pegawai maksimal 50% dengan tetap mewajibkan penggunaan PeduliLindungi

- Untuk industri berorientasi ekspor, dapat dilakukan pengaturan shift dengan kapasitas maksimal 75% staf dan 25% untuk pelayanan administrasi perkantoran.

- Sektor kritikal seperti kesehatan, keamanan logistik, transportasi, dapat beroperasi hingga 100% kapasitas makimal staf tanpa terkecuali.

sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220215072403-4-315396/aturan-terbaru-wfo-wfh-ppkm-level-3-se-jabodetabek-catat

Post a Comment

0 Comments