FTI UMBY Sukses Gelar International Workshop Bahas Sentiment Mining

Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah ketika membuka acara International Workshop yang digelar FTI UMBY. (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)

 

YOGYAKARTA – Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FTI UMBY), sukses menggelar acara International Workshop. Acara yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan Youtube selama 2 hari yaitu 28 hingga 29 Oktober 2021 diikuti ratusan partisipan.

Workshop tersebut dalam rangka memperingati Dies Natalis UMBY ke-35 yang telah diperingati beberapa waktu lalu. Dalam pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh mitra dari Universiti Kuala Lumpur Malaysian Institute of Information Technology atau UniKL MIIT.

Hadir sebagai pembicara dari dalam dan luar negeri. Yaitu, Dr Rasheed Mohammad Nassr (Asisten Profesor dan Dosen Senior UniKL Malaysia) dan Lia Ristiana (Machine Learning Engineer – PT Global Data Inspirasi)

Rangkaian acara workshop ini dibuka oleh Tisya Nur Oktaviani Putri selaku Master of Ceremony (MC). Selanjutnya diikuti dengan sambutan oleh Dekan FTI UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom M.Eng MCE dan Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si MM sekaligus membuka workshop. Acara dipandu oleh Irfan Pratama, Kaprodi Sistem Informasi FTI UMBY.

Rasheed menjelaskan mengenai Sentiment Analysist For Academic Purposes. “Sentimen adalah status emosi dari seseorang. Selain ekspresi tertulis, cara lain yang dapat digunakan untuk mengetahui emosi seseorang adalah dengan menggunakan face recognition,” jelas Rasheed.

Menurutnya, emosi pada wajah dan gerak tubuh merupakan bagian dari sentimen seseorang, yang nantinya dapat digunakan untuk melihat bagaimana persepsi seseorang terhadap lingkungan di sekitar mereka.

Selanjutnya, pada sesi ke dua, Lia Ristiana memberi paparan secara praktis mengenai Sentiment Mining Using Python.

"Workshop yang dilaksanakan hari ini sangat luar biasa. Karena untuk saya pribadi, ini merupakan hal yang sangat menarik untuk dipelajari di era sekarang," ujar Arya Prayuda salah satu peserta webinar.

Dekan FTI UMBY, Anief Fauzan Rozi mengatakan, workshop ini diharapkan dapat menambah kemampuan dan wawasan peserta "Dengan workshop ini peserta dapat mengimplementasikan programming dalam ranah Artificial Intelligence," terang Anief.

Disisi lain, Assoc. Prof Dr Dahlan Bin Abdul Ghani mewakili UniKL MIIT berharap, ke depan acara serupa dapat diselenggarakan untuk menambah pengetahuan mahasiswa dan dosen dua perguruan tinggi ini.

“Semoga ke depannya dapat dilakukan workshop lainnya untuk sharing session antara UniKL MIIT dan UMBY,” tutur Assoc. Prof Dr Dahlan Bin Abdul Ghani mewakili UniKL MIIT dalam acara acara International Workshop yang diselenggarakan oleh FTI UMBY.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/379108/fti-umby-sukses-gelar-international-workshop-bahas-sentiment-mining

Post a Comment

0 Comments