Webinar Literasi Digital Bangka, Bahaya Dibalik Teknologi Pengenal Wajah 'Face Recognition'

Webinar Literasi Digital Bangka, Bahaya Dibalik Teknologi Pengenal Wajah 'Face Recognition'

 

BANGKA BELITUNG - Gerakan Nasional Literasi Digital kembali mengadakan kegiatan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021.

Kali ini, webinar Literasi Digital 2021 di Kabupaten Bangka untuk Indonesia menghadirkan CEO di Arkana Solusi Digital Bapak Rachmat Aditiya, CEO Neuronesia Learning Center Bapak Bambang Iman Santoso, ST, MM, Dosen Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur Pangkalpinang Bapak Supardi, M.Kom dan Relawan TIK Bangka Belitung Bapak Chandra Kirana, M.Kom.

Adapun Key Opinion Leader (KOL) pada webinar kali ini yaitu @fikrihkl TV Host, MC, Comedian, Media Consultant dan Reni Risty sebagai Moderator.

Webinar ini diadakan pada hari Kamis tanggal 30 September 2021 pukul 14.00 s.d 17.00 WIB dengan tema Tantangan Proses Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian via Media Zoom Meeting. Kegiatan ini dibuka untuk umum dengan melakukan pendaftaran pada link https://s.id/lidigbangka30september dan dengan melalui kegiatan ini Kominfo berharap dapat mendukung transformasi digital Indonesia.

Kegiatan massif ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI yang bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. Webinar ini secara nasional sudah dibuka oleh Presiden RI yaitu Ir. Joko Widodo dan gratis untuk umum dengan mendapatkan E-Sertifikat serta Voucher e-money dari Kementrian.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyak nya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Pertanyaan pertama yaitu Jauhari mengajukan pertanyaan kepada Narasumber pertama yaitu Bapak Rahmat Aditiya mengenai apakah face recognition ini juga dapat digunakan untuk kejahatan. Pertanyaan saya, sampai sejauh mana kejahatan yang ditimbulkan dari identifikasi wajah dalam dunia digital ini?

Pertanyaan kedua dari Nili Susanti yang bertanya kepada Narasumber kedua Bapak Bambang , bagaimana caranya kita menghadapi tantangan perubahan digital yang merabak secara mengglobal sedangkan saat ini banyak sekali kasus kecil yang disebabkan oleh penggunaan digital yang disalahgunakan.

Pertanyaan ketiga dari Faishal Fadilah yang bertanya kepada Narasumber ketiga Bapak Supardi terkait ada beberapa aplikasi yang face recognitionnya bisa diakali yaitu ketika verifikasi wajah, kita cukup tunjukkan fotoorang yang kita punya menggunaka aplikasi reface. Bagaimana tanggapan bapak terkait hal tersebut?

Pertanyaan terakhir dari Della Puspita ditujukan kepada narasumber keempat Bapak Chandra Kirana, Apa yang haruys kita lakukan ketika informasi yang kita dapat namun tidak sesuai dengan apa yang kita dapatkan seperti netizen yang seolah-olah tahu baik buruknya seseorang yang dia julid.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Diskominfo yang diselenggarakan di kabupaten Bangka selama 7 bulan dari bulan Mei sd Desember 2021 dan berharap masyarakat dapat mengikuti webinar-webinar yang akan datang dengan tema yang menarik dan narasumber yang hebat dan kompeten di bidang nya.

Sumber : https://bangkaterkini.id/2021/10/webinar-literasi-digital-bangka-bahaya-dib

Post a Comment

0 Comments