Netflix sebagai Pengganti Bioskop di Era New Normal


Netflix merupakan salah satu platform penyedia layanan streaming berbayar yang berasal dari negeri paman sam.Netflix biasanya memuat film atau series dari berbagai genre seperti anime, k-drama, action, thriller, dan lain-lain.

Platform ini menyediakan berbagai pilihan paket berlangganan mulai dari basic sampai dengan premium.Harga yang dipatok untuk wilayah Indonesia sendiri berkisar dari Rp54.000,00 -- Rp186.000,00.Harga ini terbilang cukup rendah dari negara-negara lain.

Layanan streaming kini tengah banyak dicari khususnya bagi kaum milenial saat ini. Banyaknya sajian baik film, drama maupun series yang ditawarkan cukup menjadi pemikat yang bagus. Terlebih lagi hampir semua genre sudah tersedia di Netflix yang makin membuat platform tersebut melaju di atas awan.

Netflix juga menjadi salah satu alternatif di era new normal saat ini, karena banyak bioskop yang ditutup, sehingga masyarakat kesulitan untuk menonton film.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, kaum milenial memilih Netflix sebagai pengganti bioskop.Hal ini dikarenakan film atau series yang dirilis di platform ini sejatinya memiliki kualitas yang hampir sama dengan film-film yang biasanya diputar di bioskop.

Tak hanya itu, keharusan masyarakat untuk tetap berada di rumah selama era new normal ini juga merupakan penyebab dipilihnya Netflix sebagai pengganti bioskop.

Hal ini dikarenakan adanya unsur kepraktisan dalam penggunaan platform tersebut.Kepraktisan itu diantaranya adalah biaya paket berlangganan yang terbilang cukup murah, bisa ditonton dimana saja, dan penggunaannya yang cukup mudah.

Selain berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Netflix, ia juga memiliki beberapa kekurangan.Salah satu contoh dari kekurangannya yaitu adanya kendala dalam pemakaian.

Selain itu, paket yang secara otomatis berlangganan juga merupakan salah satu kekurangan yang dimiliki olehnya.Meskipun demikian, kekurangan yang dimiliki oleh platform ini tidak menyurutkan antusisas masyarakat untuk memakainya.Hal ini terbukti dengan jumlah pengguna yang semakin bertambah.

Melansir dari The Verge (22/4/2021), Netflix kini telah memiliki 208 juta pengguna di seluruh dunia, meningkat dari kuartal 4 2021 sebesar 204 juta.Peningkatan yang cukup signifikan ini, salah satunya dipacu oleh pandemi yang sedang melanda dunia saat ini.

Akan tetapi, Netflix juga memiliki kendala terkait persaingan pasar dengan platform streaming berbayar lain seperti Disney Plus, HBO, Mola TV dan lain-lain. Hal ini disebabkan adanya kesamaan beberapa genre yang berada pada platform-platform tersebut dan juga tarif berlangganan yang bervariasi.

Sumber : https://www.kompasiana.com/yuliasandiiswara/6177e3ea0101901a9913c802/netflix-sebagai-pengganti-bioskop-di-era-new-normal

Post a Comment

0 Comments