Mantap, Penerbangan Internasional Segera Dibuka

SIAP TERBANG: Sejumlah calon penumpang BIL, di pintu keberangkatan, beberapa waktu lalu.

 

MATARAM - Penerbangan internasional resmi dibuka 14 Oktober mendatang. Kebijakan ini pun disambut antusias pelaku usaha khususnya di sektor pariwisata yang sudah lama terdampak pandemi.

Ketua Indonesian Travel Agent Association (Astindo) NTB Sahlan M Saleh menilai, meski penerbangan internasional masih melalui Bali, pihaknya optimis hal ini turut menjadi angin segar bagi kalangan pengusaha NTB.

”Apalagi tetangga kita, Pulau Bali ini adalah barometernya pariwisata Indonesia,” katanya, (7/10).

Pihaknya juga kini tengah mempersiapkan sejumlah ancang-ancang paket wisata. Terutama koordinasi dengaan anggota terkait adaptasi perubahan pelayanan tamu masa kenormalan baru. Upayanya tentu berbeda dengan cara-cara konvensional dulu. Selanjutnya adalah mengasah kembali kemampuan lama. Jangan sampai kemampuan kepariwisataan anggota menjadi terkikis setelah sekian lama menggeluti usaha baru selama dua tahun belakangan.

”Bagaimana agar pelayanan tamu tetap maksimal dengan prokes ketat,” imbuhnya.

Meski demikian, aturan terkait masa karantina lebih dari sepekan bagi kedatangan wisatawan asing masih menjadi polemik. Menurutnya, bagaimana mungkin wisatawan berminat berlibur selama 4-5 hari jika harus dikarantina selama 8 hari.

Selain mengakibatkan biaya semakin besar, wisatawan juga harus mengeluarkan waktu ekstra yang justru lebih banyak dihabiskan untuk karantina. Ia khawatir hal ini hanya akan membuat wisatawan asing enggan berkunjung ke Bali, apalagi harus mampir ke NTB.

”Gak hanya biaya, dampak karantina ini juga seperti dipenjara,” katanya.

Ketua Gili Hotel Association (GHA) Lalu Kusnawan menyambut positif kebijakan tersebut. Didorong perhelatan WSBK yang akan semakin meningkatkan minat kunjungan wisatawan berlibur tak hanya ke Bali, tapi juga mampir ke daerah gili. Diharapkan, hal ini akan mempercepat pemulihan ekonomi pariwisata NTB. ”Kalau sudah statement pemerintah begitu, tentu kita hanya bisa sambut baik,” imbuhnya.

Sumber : https://lombokpost.jawapos.com/ekonomi-bisnis/08/10/2021/mantap-penerbangan-internasional-segera-dibuka/

Post a Comment

0 Comments