Kemendagri Beri Amanah Kepala BPSDM Jatim Jadi Moderator Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri


 

SURABAYA – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur (Jatim), Aries Agung Paewai dipercaya sebagai moderator program pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri.

“Kegiatan ini agenda yang sudah diprogramkan oleh Kemendagri melalui BPSDM yang pesertanya para kepala daerah dan wakil kepala daerah yang baru dilantik pada tahun 2021,” ujarnya dalam siaran persnya, Selasa (26/10/2021)

Kegiatan yang digelar virtual, Selasa (26/10) oleh BPSDM Kementerian Dalam Negeri tersebut memasuki tahap kedua gelombang 3-4, yang diikuti bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota se-Indonesia.

Pembekalan diisi materi narasumber para pejabat negara, baik menteri maupun kepala Kelembagaan maupun instansi pemerintah dalam rangka meningkatkan wawasan kepala daerah dab wakil kepala daerah untuk mendukung tugas-tugas pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan.

Pada kesempatan tersebut, sesi pertama oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso yang menyampaikan materi kebijakan Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19. Sesi kedua dilanjutkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tentang Kewirausahaan di tengah pandemi.

Aries menyimpulkan dari materi narasumber bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik sehingga perlu langkah-langkah strategis untuk meningkatkan potensi daerah melalui berbagai program yang disiapkan kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Tujuannya, agar akses kepada masyarakat bisa cepat teralisasi. Terutama, berbagai bantuan yang masih dibutuhkan oleh masyarakat dari program-program pemerintah.

“Termasuk kegiatan pengembangan potensi kewirausahaan yang harus ditingkatkan perannya untuk menumbuhkembangkan produk-produk UMKM masing-masing daerah sehingga dapat berpoduksi lagi dan memudahkan untuk mengakses pembiayaan bagi pengembangan produk-produk UMK,” paparnya.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 masih ada. Namun, dengan semakin menurunkan kasus positif maka pemerintah terus melakukan langkah-langkah strategis di dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional.

“Oleh karena itu peran kepala daerah sangat dinantikan melakukan lompatan-lompatan disrupsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih cepat,” tutur Aries.

Kegiatan ini, dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai hari ini hingga 28 Oktober 2021. Sejumlah pemateri yang menjadi narasumber yaitu Menteri Pertahanan, Menteri Kesehatan, Menko Perekonomian, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Keuangan, Menteri Polhukam, Menteri Pertanian, Kepala BNPB, Menteri Parakraf, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Kepala BKKBN dan Ketua Kadin Indonesia.

Sumber : https://petisi.co/kemendagri-beri-amanah-kepala-bpsdm-jatim-jadi-moderator-pembekalan-kepemimpinan-pemerintahan-dalam-negeri/

Post a Comment

0 Comments