Kampung Talas di Kota Tangerang Jadi Percontohan New Normal

Kampung Talas Kota Tangerang(Dok Humas Polres Metro Tangerang Kota)

 

TANGERANG - Kampung Talas yang terletak di Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, menjadi percontohan bagaimana sebuah kampung menghadapi kenormalan baru (new normal) di masa pandemi Covid-19.

Kampung Talas sendiri merupakan singkatan dari Kampung Taat Lalu Lintas (Talas), yang diinisiasi oleh Polres Metro Tangerang Kota.

"Kampung Talas bagian kampung tematik di wilayah Kota Tangerang luar biasanya menjadi percontohan bagaimama masyarakat hidup di lingkungan kampung melaksanakan kegiatan dengan memperhatikan semua protokol kesehatam Covid-19," ujar Wali Kota Tangerang Arief Wimansyah dalam keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Arief mengatakan, lokasi Kampung Talas dulunya merupakan perkampungan kumuh yang sekarang berubah menjadi kampung yang menerapkan pola bersih hidup dan sehat.

Saat ini, lanjut Arief, Kampung Talas menjadi salah satu kampung yang tidak ada kasus positif Covid-19, maupun berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Jadi ini harus jadi contoh agar apa yang dilakukan ini benar-benar jadi panutan warga lainnya," kata dia.

Inisiator kampung talas yang juga merupakan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto mengatakan, inovasi-inovasi untuk menyambut kenormalan baru.

"Ini kampung sehat adalah program yang kita canangkan kolaborasi bagaimana membangun budaya protokol kesehatan yang inisiasi dari warga dibantu stakeholder yang ada," kata dia.

Dia mengatakan kampung talas sendiri memiliki arti ketertiban dan kedisiplinan saat berlalu lintas yang dikolaborasikan dengan kampung sehat sehingga melahirkan Kampung Talas.

"Kita jadikan proyek program kesehatan di sini karena ketertiban masalah lalu lintas sudah terib di sini dan kita kolaborasikan dengan kampung sehat," tutur dia.

Sugeng berharap, Kampung Talas bisa memberikan contoh kepada kampung lainnya agar bisa bersiap menyambut kenormalan baru yang tidak tau kapan akan dimulai.

"Sehingga ini (protokol kesehatan) harus dibiasakan menjadi sebuah budaya," kata dia.

Post a Comment

0 Comments