Kabar Baik, Industri Hiburan dan Musik Korsel Siap Hadapi New Normal Covid-19

Penggemar boy band BTS menonton konser online streaming mengenakan masker di kafe kota Seoul.

 

SEOUL - Para pelaku industri musik dan hiburan Korea Selatan (Korsel) sedang mempersiapkan diri melanjutkan pertunjukkan, konser dan kegiatan lain. Ini dilakukan setelah pemerintah memutuskan utuk menjalankan kebijakan New Normal Covid-19.

Dilansir dari Korea Herald, kebijakan mengenai jam malam kafe, restoran dan beberapa fasilitas lainnya akan dihapuskan pekan depan. Keputusan ini diambil setelah angka vaksinasi warga Korsel menyentuh 70 persen.

Sementara untuk jam buka fasilitas di bidang seni akan diperpanjang hingga tengah malam dari sebelumnya pukul 22.00. Acara skala besar seperti konser K-pop atau penampilan kecil di jalan akan sepenuhnya diperbolehkan mulai bulan Desember. Makan di dalam bioskop juga mulai diperbolehkan mulai bulan November.

Konser K-pop yang biasa digelar di stadium atau arena olahraga sebelumnya sudah dilarang karena adanya aturan ketat mengenai pembatasan sosial. Kebijakan tersebut menjadikan semua musisi dan artis menyelenggarakan konser di teater atau aula seperti Seoul Arts Center.

Salah seorang personel boyband Winner, Kang Seung-Yoon akan menyelenggarakan konser on air bulan depan. Konser solo pertamanya tersebut akan diselenggarakan di Seoul Olympic Hall, 21 November.

Band Rock Jaurim juga akan menggelar konser pertama di tempat yang sama pada 26 November. Disusul dengan grup hip hop Epik High pada 17 Desember.

Grup terkenal BTS juga sudah menggelar konser di salah satu stadium Seoul tanpa adanya penonton. Mereka menyiarkannya secara langsung melalui situs resmi pada Minggu lalu (24/10/21).

Mereka akan melanjutkan konser ke Los Angeles sebagai konser offline pertama bulan Desember.

Di waktu yang bersamaan, acara pertelevisian Korea akan kembali normal dengan penonton yang bisa masuk ke studio. Sebelumnya,keberadaan penonton digantikan dengan rekaman tepuk tangan dan tawa saja.

Untuk bioskop, jam tayang akan diperbolehkan hingga tengah malam. Syaratnya, penonton yang masuk harus sudah vaksin penuh atau dua kali. Mereka juga boleh minum atau makan popcorn mulai bulan November.

“Kebijakan pemerintah ini membawa kabar yang sangat baik bagi dunia film,” kata pihak CJ CGV, pemilik bioskop terkemuka di Korea.

Penampilan atau konser dari artis luar Korea juga akan mulai dilaksanakan.

“Nanti akan ada pertunjukan musik oleh artis luar negeri dan festival musik lain tanpa adanya pembatasan pengunjung,” ucap Lee Mi Ran dari Lotte Foundation for Arts.

Sumber : https://www.inews.id/news/internasional/kabar-baik-industri-hiburan-dan-musik-korsel-siap-hadapi-new-normal-covid-19

Post a Comment

0 Comments