Disbudpar Jatim Launching Kalender Wisata 2022


 

SURABAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim) baru saja melaunching Kalender Event Kepariwisataan di Jatim Tahun 2022, Sekaligus Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur. Acara ini digelar di Balroom Shangri-La Hotel, Surabaya.

Kepala Disbudpar Jatim, Sinarto mengatakanuntuk kalender wisata 2022, disetiap daerah kab/kota telah menyeleksi event – event berskala nasional dan layak serta aman untuk dinikmati di era kenormalan baru, diantaranya ada Jazz Bromo, East Java Fashion Harmony, Jember Fashion Carnival dan lain-lain, kurang lebih ada 40 kalender wisata yang diluncurkan. untuk melihat kalender wisata bisa dengan media internet https://bit.ly/EventBudparJatim2022.

“Sesulit apapun, akhirnya kami bisa menyelesaikan kalender wisata 2022, ditengah pergerakan wisatawan yang selalu berpindah pindah,” ujarnya.

Selain itu, Disbudpar Jatim juga memperkenalkan inovasi pelayanan informasi kepariwisataan digital yang dilaunching Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa diantaranya pameran pariwisata virtual yang merupakan alternatif bagi kab/ kota di Jawa Timur untuk melaksanakan promosi pariwisata secara terintegrasi dalam suata ruangan virtual.

“Seperti MITF (Majapahit International Travel Fair) untuk tahun ini akan dibuat Virtual. Jadi Kabupaten/kota mengakses langsung serta dalam jangka waktu agak lama,” katanya.

Inovasi pemeran wisata virtual, didalamnya dapat menawarkan potensi pariwisata dan kebudayaan daerah serta dapat menawarkan paket wisatanya masing – masing. sehingga jika ada pengunjung/ calon wisatawan tertarik terhadap paket wisata yang ditawarkan dapat langsung menghubungi travel agent tersebut.

Selanjutnya Sinarto menyampaikan, kalau Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur digelar setiap tahun berturut turut, serta pada tahun ini adalah penyeleggarakan yang ke – 25, pada tahun 2020 sendiri dilaksanakan pada bulan februari 1 bulan sebelum pandemi covid.

Untuk finalis duta wisata, lanjutnya, tahun ini berjumlah 34 pasang, adapun 4 daerah belum berkesempatan ikut, diantaranya kabupaten ngawi, kabupaten bondowoso, kabupaten lumajang dan kota probolinggo.

Adapun seleksi menuju 10 besar dilaksanakan selama 3 bulan, di kota surabaya, dengan rangkaian seperti technical meeting , penilaian awal (interview, tes tulis dan busana dilaksanakan di graha unesa surabaya), karantina di surabaya, dan hasilnya untuk juara 1 raka raki diraih pasangan raka M Zaenal Abidin dari Kabupaten Jember dan Raki Mirza Yuli Amarta dari Kabupaten Banyuwangi.

Sedangkan wakil 1 raka raki diraih pasangan Raka Kota Malang dan Raki Kabupaten Malang, wakil 2 raka raki diraih pasangan Kabupaten Pasuruan dan Raki Kota Malang.

Wakil 3 raka raki diraih pasangan Raka Kabupaten Malang dan Raki Kabupaten Sumenep, wakil 4 raka raki diraih pasangan Raka Kabuapaten Ponorogo dan Raki Kota Surabaya.

Disisi lain, artis pendukung yang memeriahkan kegiatan pada malam hari ini diantaranya Melisa Idol, Jihan Audy, Kirun, Cak Tawar dan Agus Kuprit. Mereka adalah artis dari Jatim, berharap menjadi pembangkit optimisme sektor pariwisata menghadapi tata kenormalan baru, Jatim bangkit.

Sumber : https://www.detikperistiwa.com/news-352961/disbudpar-jatim-launching-kalender-wisata-2022.html

Post a Comment

0 Comments