Cerita Akhir Pekan: Bersiap Sambut Turis Asing Kembali ke Bali

Potret Jumat, 1 Januari 2021 di Pantai Kuta, Bali, yang biasanya dipadati pelancong sepanjang tahun, kini tampak sepi karena dampak pandemi corona Covid-19. (Liputan6.com/Putu Elmira)

 

Jakarta - Ada serca asa bagi pariwisata Indonesia setelah penantian 18 bulan lamanya, termasuk untuk Bali. Pemerintah siap membuka Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebagai bagian dari uji coba pembukaan penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021.

Sungguh tak terbantahkan pandemi Covid-19 telah menghantam sektor andalan Pulau Dewata. Bali kini telah bersiap menyambut kedatangan para turis asing lewat adaptasi kebiasaan baru serta pemberlakuan ketentuan dan penerapan protokol kesehatan ketat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menyampaikan pihaknya memitigasi adanya perkembangan Covid-19 baru untuk mencegah adanya transmisi. Langkah tersebut ditempuh dengan membuat standard operating procedure (SOP) kedatangan di bandara.

"Mulai dari wisatawan yang masuk sudah divaksin lengkap, harus mengisi e-Visa, eHAC, asuransi Covid-19, wisatawan berasal dari negara-negara yang memiliki risiko rendah," kata Putu Astawa kepada Liputan6.com, Jumat, 8 Oktober 2021.

Putu melanjutkan, sesampai di Bandara Ngurah Rai, wisatawan wajib tes swab. Jika hasil tes negatif, wisatawan harus bersedia dikarantina.

"Kalau hasilnya positif, kita siapkan rumah sakitnya. Kita mempersiapkan fasilitas kesehatan. Dalam karantina selama delapan hari, (tes) di hari ke-7 hasilnya negatif, kita perkenankan pindah hotel dan berwisata. SOP itu sudah kita siapkan, di samping penerapan protokol kesehatan harus jalan," tambahnya.

Pengawasan protokol kesehatan turut dilakukan lewat kerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas Covid-19), baik di tingkat desa, kabupaten dan provinsi. Proses pemantauan juga melibatkan TNI dan Polri.

Putu mengaku tak menentukan target dalam pembukaan kembali Bali bagi turis asing. Sementara, nantinya turis asing yang datang akan dikarantina di 35 hotel di tiga wilayah, yakni Sanur, Ubud, dan Nusa Dua.

Sumber : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4679677/cerita-akhir-pekan-bersiap-sambut-turis-asing-kembali-ke-bali

Post a Comment

0 Comments