Perusahaan diminta rutin lakukan sterilisasi kantor untuk cegah penularan Covid-19


 

JAKARTA. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro mengimbau agar perkantoran tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan melakukan sterilisasi perkantoran, pengecekan suhu tubuh dan pengaturan posisi di lift setiap gedung perkantoran.

“Ketentuan – ketentuan ini dibuat agar bisa tetap produktif di masa pandemi ini,” ucap Reisa yang Kontan kutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (28/9).

Selain itu diperlukan adanya pengaturan pembatasan jumlah karyawan yang masuk kantor sesuai kebijakan PPKM sampai membuat aturan pembatasan usia karyawan yang diperbolehkan bekerja di kantor. Beberapa perusahaan meminta pekerja nya yang berusia diatas 50 tahun untuk bekerja dari rumah. Hal ini penting dilakukan mengingat kelompok usia tersebut terhitung berisiko tinggi jika tertular.

Dihubungi secara terpisah, Ketua Umum Asosiasi Profesi Pemeliharaan Gedung atau Building Engineering Association (BEA) Mardi Utomo menilai, pengelola perkantoran sudah mempersiapkan semua hal jika nantinya pandemi Covid-19 berlangsung dalam beberapa tahun ke depan.

Sebab itu, pengelola maupun pemelihara perkantoran telah mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah agar bisa diterapkan dalam jangka waktu yang panjang. Seperti melakukan pemeliharaan dan sterilisasi perkantoran secara berkala.

“Para pengelola sudah mulai mengadaptasi dengan kebiasaan baru itu. Kluster di ofiice holding atau di mall di apartemen sudah sangat jarang sekali,” ucap Mardi.

Senada, Kepala Biro Hukum dan Humas, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tri Atmojo Sejati mengatakan, selain menjaga dan melakukan sterilisasi kantor LAN secara berkala, pihaknya mengimbau semua pegawai LAN untuk menjaga area kerja dan fasilitas kerja bersama tetap bersih. Misal dengan membersihkan permukaan meja, keyboard komputer, dan alat – alat perkantoran lainnya dengan disinfektan secara berkala.

“Mencuci tangan sesering mungkin misal setelah menyentuh fasilitas kantor bersama,” ucap Tri.

Sumber : https://kesehatan.kontan.co.id/news/perusahaan-diminta-rutin-lakukan-sterilisasi-kantor-untuk-cegah-penularan-covid-19

Post a Comment

0 Comments