Pandemi Masih Mendorong Perubahan, Konsep Rumah Masih Akan Terus Berkembang


 

– Berbagai perubahan maupun kenormalan baru masih akan terus berkembang dan hal ini harus bisa dijawab dengan produk properti yang tepat khususnya untuk menyasar segmen milenial. Fungsi rumah tidak lagi sekadar hunian dan tempat istirahat tapi akan terus berkembang menyesuaikan dengan situasi yang masih akan terus berkembang.

Milenial telah mendominasi populasi penduduk di Indonesia dan karena itu kita disebut tengah mengalami bonus demografi. Hal ini berimbas pada kalangan perusahaan pengembang dan perbankan yang menyediakan produk untuk menyasar khusus berbagai kebutuhan kalangan milenial.

Karena itu produk perumahan yang dihadirkan kalangan pengembang umumnya mengusung desain yang cantik hingga berbagai fasilitas yang menyesuaikan dengan lifestyle milenial. Begitu juga dengan program pembiayaan bank, semuanya mengonsep skema produk KPR-nya untuk memudahkan kalangan ini bisa membeli rumah.

Generasi milenial yang telah memberikan pengaruh kuat untuk pasar properti ini juga tidak bisa dilepaskann dari teknologi. Besarnya segmen ini mulai terasa pada desain bangunan yang perubahannya sangat cepat. Bandingkan dengan bentuk maupun model rumah era 1990-an hingga awal tahun 2000 yang cenderung monoton.

Menurut Head of Advisory Services Colliers International Indonesia (CII) Monica Koesnovagril, segmen milenial maupun keluarga muda akan terus menjadi mayoritas dan karena itu pasar properti yang menyasar harga di bawah Rp1 miliaran akan terus membesar untuk menangkap segmen besar ini.

“Saat ini segmen pasar untuk produk properti khususnya perumahan dengan harga di bawah Rp1,5 miliar akan menjadi segmen yang paling gemuk. Dari sisi demografi memang faktanya seperti itu dan segmen ini akan terus dipenuhi dengan produk-produk maupun skema pembiayaan yang akan terus berkembang khususnya terkait dengan lifestyle-nya,” katanya.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Intiland Development Tbk Permadi Indra Yoga mengatakan, segmen milenial akan terus menjadi incaran kalangan pengembang dengan penyediaann produk yang disesuaikan untuk target itu plus lifestyle baru atau new normal terkait pemenuhan ruang beserta fasilitasnya.

“Pandemi telah membawa perubahan yang besar untuk lifestyle kalangan milenial ini dan ini yang harus kita wujudkan dalam produk yang kita tawarkan. Masyarakat yang lebih banyak berkegiatan di rumah, jaminan rumah yang tetap membuat penghuninya sehat, dan lainnya itu menjadi tantangan yang harus bisa kita jawab pada kondisi saat ini,” imbuhnya.

Ke depan, fungsi rumah bukan lagi sekadar hunian atau tempat beristirahat tapi akan terus berkembang mengikuti berbagai perubahan maupun aktivitas new normal. Masyarakat sendiri akan makin terbiasa dengan melakukan berbagai aktivitasnya dari rumah dan kebiasaan-kebiasaan baru seperti ini yang harus bisa dijawab dengan produk properti yang tepat.

“Masyarakat khususnya dari kalangan milenial akan cenderung memilih hunian yang bisa menyediakan berbagai kebutuhan dan sarana untuk menunjang aktivitas sehari-hari saat penerapan banyak kenormalan baru. Itu yang harus kita penuhi dari sisi ketersediaan produk, fungsi ruang yang berubah, penyediaan fasilitas, hingga aspek keamanan dan kenyamanan,” imbuhnya.

Sumber : https://www.rumah.com/berita-properti/2021/9/201281/pandemi-masih-mendorong-perubahan-konsep-rumah-masih-akan-terus-berkembang

Post a Comment

0 Comments