Kadisnakertrans Jatim Buka East Java Virtual Career Expo 2021


 

Jatim - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo membuka pelaksanaan East Java Virtual Career Expo 2021 dalam rangka memperingati hari jadi ke-76 pemerintah provinsi Jawa Timur yang dilangsungkan di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim Surabaya, Rabu (29/9/2021).

Himawan Estu Bagijo mengatakan, pandemi yang terjadi hingga hari ini berdampak pada meningkatnya angka pengangguran di Jawa Timur. Namun, pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah tidak boleh berhenti karena dampak pandemi. Kita harus bisa berinovasi mencari alternatif model penempatan yang sesuai dengan konteks kebutuhan era adaptasi kebiasaan baru dan tuntutan revolusi industry 4.0.

Pandemi covid 19 yang terjadi hingga hari ini berdampak pada meningkatnya angka pengangguran di Jawa Timur, dimana tingkat pengangguran terbuka pada Agustus 2020 mencapai 5,84 atau sebesar 1,3 juta pengangguran. Ini tantangan di sektor Ketenagakerjaan, kedepan yang perlu kita antisipasi yaitu 1 bonus demografi adalah suatu kondisi dimana populasi masyarakat akan didominasi oleh individu-individu dengan usia produktif yaitu rentang usia 15 tahun hingga 64 tahun. Bonus demografi merupakan suatu keuntungan bagi suatu negara apabila bisa memanfaatkan jendela peluang lonjakan usia produktif pada tahun 2030.

Kemudian krisis sosial dan krisis Global yang disebabkan oleh virus covid19 mempengaruhi sendi-sendi kehidupan dari sosial politik dan ekonomi. Disinilah tantangan bagi para pelaku usaha apakah mereka bisa melakukan perubahan, bertahan dan berkembang apalagi revolusi industri 4.0 lebih mengutamakan pada otomatisasi. Semua dikendalikan oleh teknologi sehingga banyak jabatan-jabatan yang akan hilang, di sisi lain juga muncul jabatan jabatan baru.

Maka di 2021 Disnakertrans Prov Jatim mengadakan job fair yang dilaksanakan secara virtual. "Melalui kegiatan ini kami berharap dapat membantu menurunkan angka pengangguran di Jawa Timur, dan secara khusus perusahaan juga mendapat tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan,” ujar Himawan.

Sementara itu Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Jatim, Sunarya mengatakan, berdasarkan laporan dari panitia, jumlah perusahaan yang berpartisipasi berjumlah 21 perusahaan dengan 1000 lowongan yang ditawarkan dan jumlah pencari kerja yang sudah mendaftar melalui link sebanyak 2.400 orang.

Dengan kerjasama yang baik ini, semoga kegiatan ini dapat berjalan sesuai harapan kita bersama dan tercapai penempatan yang maksimal. “kami mengucapkan banyak terima kasih pada HRD perusahaan peserta East Java Virtual Career Expo 2021 dan para pencari kerja east java virtual career expo 2021 yang telah berpatispasi dalam pelaksanaan ini,” pungkas Sunarya.

Sumber : http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kadisnakertrans-jatim-buka-east-java-virtual-career-expo-2021

Post a Comment

0 Comments