Dewan Profesor UNS Diskusikan Astha Brata Jadi Model Kepemimpinan Masa Depan

Ketua Komisi III DP UNS Solo Prof Sahid Teguh Widodo. Foto: Ist.

 

SOLO - Komisi III Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bakal mendiskusikan solusi kepemimpinan ideal pascapandemi Covid-19. Model kepemimpinan Astha Brata sebagai basis budi pekerti dan karakter pengembangan, didorong menjadi model kepemimpinan masa depan.

Ketua Komisi III DP UNS Solo Prof Sahid Teguh Widodo mengatakan, solusi kepemimpinan ideal pascapandemi Covid-19 merupakan topik yang menarik selain permasalahan kesehatan, ekonomi, dan mental atau spiritual.

Pemimpin berada dalam posisi sentral yang menentukan arah, bentuk, dan kelangsungan bangsa menuju era kenormalan baru.

“Astha Brata adalah delapan (astha, esthi) ajaran (brata, dharma) yang sangat dikenal di Jawa dan Indonesia pada umumnya, sebagai nilai kepemimpinan yang unggul,” kata Sahid Teguh Widodo, Senin (27/9/2021).

Ada tiga sumber Astha Brata (Hastha Brata), pertama Serat Rama Jarwa (karya Yasadipura), Pupuh Pangkur bait 16 sampai dengan 35. Kedua Serat Aji Pamasa (karya R Ng Ranggawarsita), dan ketiga sumber pewayangan pada lakon Makutharama (Rama Wijaya), wejangan Begawan Kesawawidhi (Sri Kresna) kepada Arjuna.

Diskusi dikemas melalui seminar nasional tentang kepemimpinan Astha Brata menyongsong generasi Emas 2045 secara daring, Selasa, (28/9/2021) besok.

Narasumber akan menghadirkan Dr Emil Elestianto Dardak (Wagub Jatim) , Prof Zudan Arif Fakrulloh (Dirjen Dukcapil), Sarwoto Atmosutarno (Ketua Umum MTI), Prof Sahid Teguh Widodo, dan Ketua Dewan Profesor UNS Prof Suranto.

Pihaknya berharap seminar ini memberikan bekal pengetahuan, stimulus, dan rangsang kreativitas, inovasi, dan ketangguhan nalar, perasaan, dan sikap perbuatan para peserta. Selain itu, mampu menyusun kerangka pemimpin yang ideal dan menjadi idaman masyarakat bangsa.

“Saya berharap upaya menakar dan menilik kembali nilai dasar dan aplikasi ajaran Astha Brata, dapat berguna bagi kemaslahatan kehidupan berbangsa dan bernegara modern. Bergaul dan bermasyarakat yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dalam satu wadah NKRI,” ucapnya.

Sumber : https://jateng.inews.id/berita/dewan-profesor-uns-diskusikan-astha-brata-jadi-model-kepemimpinan-masa-depan/2

Post a Comment

0 Comments