Aplikasi PeduliLindungi Bakal Bisa Diakses di Aplikasi Lain

Aplikasi PeduliLindungi Bakal Bisa Diakses di Aplikasi Lain (Dok.MNC Media)

 

- Kementerian Kesehatan RI diketahui saat ini sedang menggodok agar aplikasi PeduliLindungi bisa mudah diakses di berbagai platform digital lainnya yang sudah lebih dahulu familiar di masyarakat.

Aplikasi Peduli Lindungi jadi salah satu aspek penting dalam progres penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Mengingat aplikasi ini bekerja sebagai alat monitoring mobilitas dan aktvitas masyarakat, serta komponen kunci dari adaptasi kenormalan baru hidup di masa pandemi Covid-19.

“Oktober 2021, Kementerian Kesehatan sedang mengupayakan fitur pada aplikasi Peduli Lindungi untuk dapat diakses pada aplikasi lainnya. Kemenkes sudah berkoordinasi dengan berbagai platform digital lainnya, seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka. Tiketcom, Dana, XXI Cinema, Link dan aplikasi pemerintah seperti JAKI,” jelas Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi. M.Epid, saat siaran LIVE: Siaran Pers PPKM, Rabu (29/9/2021) di Youtube Sekretariat Presiden.

Dikatakan, intergrasi ini bertujuan agar masyarakat bisa lebih mudah mengakses dan mendapatkan kegunaan dari fitur-fitur yang ada di aplikasi Peduli Lindungi.

“Sehingga ke depannya, masyarakat tak perlu menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sendiri. namun bisa mendapatkan fitur-fitur Peduli Lindungi pada aplikasi-aplikasi tersebut,” lanjutnya.

Jika sudah terintergrasi, ke depannya diharapkan masyarakat yang tidak mempunyai ponsel pintar dan akan melakukan perjalanan udara dengan pesawat atau perjalanan dengan kereta api, tetap bisa teridentifikasi hasil tes swab PCR atau pun pemeriksaan antigennya, serta sertifikat vaksinnya. Sebab, status tersebut dapat diketahui melalui nomor induk kependudukan (NIK) pada saat melakuka transaski pembelian tiket.

Sementara itu, bagi tempat-tempat yang tidak terintergrasi dengan Peduli Lindungi, maka masyarakat bisa memeriksanya secara mandiri di aplikasi tersebut dengan memasukan NIK. dan akan langsung muncul bahwa orang yang bersangkutan apakah statusnya layak atau tidak untuk masuk ke tempat-tempat publik.

Aplikasi Peduli Lindungi ini terkait erat dengan hasil tes, penelusuran jejak kontak erat dan juga layanan telemedicine, sehingga bisa mendapatkan obat secara gratis. Tak hanya itu, Dokter Nadia menambahkan Peduli Lindungi juga akan disambungkan dengan sistem karantina kesehatan.

“Kemudian, aplikasi ini juga akan dintergrasikan dengan sistem karantina kesehatan. Jadi kami berharap masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan Peduli Lindungi. Sebab penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dari Covid-19 dan mencegah orang yang positif dan orang –orang yang sudah kontak erat untuk tidak beraktivitas di tempat-tempat publik,” tutup dr. Siti Nadia

Sumber : https://www.idxchannel.com/economics/aplikasi-pedulilindungi-bakal-bisa-diakses-di-aplikasi-lain

Post a Comment

0 Comments