Yasmin Kusuma Putri, Perwakilan International Model United Nations

 


MENYABET penghargaan nasional maupun internasional di berbagai bidang, menjadikan Yasmin Kusuma Putri memiliki segudang pengalaman. Dia juga menjadi inspirasi kawula muda. Semangat apa saja yang ditularkan? Berikut petikan wawancara dengan Jawa Pos Radar Solo.

Di masa PPKM Level 4, apakah tetap sibuk?

Ya masih sibuk kuliah semester tujuh Poltekesos Bandung, menjadi mentor dan pemateri beberapa platform online bidang kepemudaan. Saya juga menekuni bidang public speaking dan kepenulisan.

Kenapa tertarik di bidang itu?

Saya tertarik bidang public speaking dan kepenulisan karena memang merupakan hobi saya. Yang terpenting, bidang-bidang tersebut sudah memberikan saya pengalaman dan banyak pembelajaran.

Cara memotivasi diri agar selalu aktif?

Harus ada keinginan kuat mengeksplor potensi diri. Artinya, haus akan ilmu, pengalaman, maupun prestasi. Karena menurut saya, dari situlah peluang kita dapat memilah kekuatan dan kelemahan diri, menjalin relasi, serta mengisi kehidupan sehari-hari secara positif.

Tips berani tampil di depan publik?

Perbanyak mengikuti event-event public speaking dan kepenulisan. Seperti ikut webinar, seminar nasional, mengambil kesempatan saat ditawari menjadi pemateri dan narasumber, perbanyak latihan berbicara di depan umum.

Pengalaman selama ikut kompetisi Puteri Pendidikan Jateng 2020?

Awalnya dapat informasi dari teman dan mencoba menambah pengalaman. Kebetulan tahun sebelumnya dipercaya sebagai duta bahasa di kampus. Alhamdulillah, Allah memberikan rezeki dan kesempatan ikut ajang tersebut. Bertemu 49 teman-teman dari wilayah Jateng-DIJ hingga akhirnya bisa sampai di Top 12

Pengalaman berkesan saat ikut kompetisi?

Ketika menjadi salah satu delegasi mewakili Indonesia dalam ajang International Model United Nations dan IGN MUN Batch VI pada Oktober 2020. Saya bertemu lebih dari 300 teman dari berbagai negara. Kami dapat menjalin relasi dengan baik, mendapat pengalaman menarik, serta belajar mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

Apa saja kegiatannya di International Model United Nations?

Itu event simulasi konferensi sidang PBB. Model United Nations merupakan platform internasional bagi seluruh pelajar, mahasiswa, atau komunitas akademisi dari berbagai penjuru dunia untuk belajar menyuarakan ide, gagasan, pendidikan, dan lain-lain. Partisipan MUN ini berperan sebagai delegasi negara-negara anggota dan komite PBB. Waktu saya mengikutinya ada sekitar 45 negara yang berpartisipasi. Kegiatannya secara daring karena saat itu angka Covid-19 masih sangat tinggi dan tidak diperbolehkan sama sekali bepergian ke luar negeri.

Bagaimana menurutmu kualitas pendidikan di Indonesia selama pandemi?

Pastinya mengalami banyak perubahan, khususnya sistem pembelajaran yang serbadaring. Intensitas interaksi antarpeserta didik menjadi terbatas. Lebih cenderung menuntut kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana belajar

Gebrakan yang perlu dilakukan?

Mengembangkan wajah baru model pendidikan yang mampu mengolaborasikan sistem online dan offline, sehingga di era new normal seperti, pembelajaran tidak membosankan karena full daring. Itu bisa dilakukan dengan koordinasi antara pemerintah dan sekolah. Menciptakan perpustakaan digital, model pendidikan karakter, dan sebagainya. (rgl/wa)

BIODATA

Nama Lengkap

Yasmin Kusuma Putri

Tempat Tanggal Lahir

Boyolali, 15 September 2000

Hobi

Menyanyi, menulis, dan membaca

Prestasi

Beasiswa mahasiswa berprestasi Poltekesos Bandung-Kemensos (2018-sekarang)
Top 12 Puteri Pendidikan Jateng-DIJ 2020
Juara 2 lomba pidato semarak literasi IPNU Surakarta
Juara 2 Lomba Orasi DPC PDIP Kabupaten Tangerang
Juara 1 Lomba Orasi Universitas PGRI Palembang
Juara 1 Photo Contest Duta Muslimah Indonesia
Juara 1 Photo Contest Model Muslimah Indonesia
Partisipan dan delegasi Indonesia di IGN model United Nations Batch VI
Delegasi Indonesia di International Conference Model United Nation
Juara 3 Lomba Orasi Semarak Bidikmisi UIN SMH Banten

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/features/29/08/2021/yasmin-kusuma-putri-perwakilan-international-model-united-nations/

Post a Comment

0 Comments