Sosialisasi dan Edukasi Menghadapi New Normal di Desa Saitnihuta oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Medan

 



Ditengah hiruk-pikuk nya suasana dengan adanya pandemi, serta terus berjalan nya PPKM di mana-mana Mahasiswa Universitas Negeri Medan yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Saitnihuta Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir mengadakan sosialisasi dan mengedukasi tentang PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) yang sangat amat kian penting dimasa yang sulit ini.

Desa Saitnihuta merupakan tergolong desa yang memasuki zona hijau, dikarenakan sedikitnya bahkan jarang nya masyarakat yang terinfeksi COVID-19. Itu yang membuat desa ini dikenal aman dan tentram dari covid-19. Meski begitu, pihak desa sangat mengantisipasi setiap orang atau pun masyarakat luar yang ingin masuk ke Desa Saitnihuta. Mulai dari pemeriksaan swab antigen, hingga adanya pemeriksaan vaksinasi. Aagr masyarakat Desa Saitnihuta pun terjamin keamanan dan kenyaman kesehatan.

Dan untuk sosialisasi serta antisipasi pola hidup bersih dan sehat sendiri dilakukan disekitar desa, terutama untuk anak-anak yang sedang bersekolah online didekat kantor desa. Selain itu secara tidak langsung sosialisasi dilakukan kepada masyarakat-masyarakat desa Saitnihuta. Tim KKN yang ikut berpartisipasi yakni Andri Rizaldi, Devi Lisnawaty Sihite, Flora Ester Octavia, Gevin Silitonga, Luthfiyyah Indrianisa, Maruli Reagen Silaban dan Ristina Sinabutar selain itu juga tim dibantu oleh Mahasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang yakni Agnes Alvionita Felicia Simbolon.

Kegiatan ini dilakukan dengan mensosialisasikan bagaimana pentingnya hidup bersih dan sehat terutama dimasa pandemic ini. Apalagi, minimnya pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya vaksin. Materi edukasi PHBS yang diberikan adalah pengenalan COVID-19 dan gejalanya, gerakan menggunakan masker, cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menerapkan etika batuk, cara physical distancing, cara penggunaan antiseptic dan disinfektan serta cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat mengingat masih banyak anak-anak yang mengabaikan pola hidup bersih dan sehat serta pengetahuan orangtua yang masih kurang untuk mengedukasi anak-anak mereka. Sehingga selain mengedukasi anak-anak juga memberikan edukasi bagi orangtua yang hadir di Posyandu agar turut mengawasi anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

Mahasiswa KKN Unimed pun berharap edukasi yang diberikan dapat berguna kedepan nya dalam menangani serta menghadapi situasi yang kian semakin parah. Dengan itu pun masyarakat dapat menjaga kesehatan kemudian menerapkan kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: https://www.kompasiana.com/floraester1153/612af4e131a287595e520ed5/sosialisasi-dan-edukasi-menghadapi-new-normal-di-desa-saitnihuta-oleh-mahasiswa-kkn-univeritas-negeri-medan


Post a Comment

0 Comments