Solusi belajar di masa pandemi, penggunaan aplikasi digital guru sejarah jadi pilihan

 


Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan. Terlebih di masa pandemik Covid-19 yang masih terus meningkat, guru dituntut memiliki kreatifitas untuk mengembangkan pembelajaran daring yang menarik, sistematik dan menyenangkan, sehingga memotivasi siswa untuk belajar.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kreatifitas guru, Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA, SMK, dan MAN mengadakan workshop Pelatihan Penggunaan Aplikasi Digital Untuk Guru Guru Sejarah.

"Melalui workshop ini, prodi pendidikan sejarah ingin ikut serta berpartisipasi dan berkontribusi mempercepat diseminasi pengetahuan digitalisasi dalam pembelajaran," kata Humaidi, S.Pd, M.Hum, Korprodi Pendidikan Sejarah UNJ dalam sambutannya saat membuka workshop yang merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, Jumat 30 Juli 2021.

Dr. Nuraeni Marta, M.Hum, dosen Pendidikan Sejarah UNJ mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mempercepat proses digitalisasi dalam pembelajaran sejarah.

"Ini jadi tantangan yang harus dihadapi di era kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat," kata Nuraeni.

Sementara, Ketua MGMP Sejarah SMA Provinsi DKI Jakarta sekaligus mewakili Ketua MGMP Sejarah SMK dan MAN provinsi DKI Jakarta, Marlina, M.Pd mengatakan bahwa, "di era kenormalan baru kita terus berjuang untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pendidikan Indonesia,".

Menurutnya, segala upaya perlu dilakukan agar pembelajaran tetap berjalan dengan efektif meski dengan keterbatasan yang ada. "Kita mencoba berbagai strategi, metode, media pembelajaran yang tepat untuk mendukung konsep baru dalam pembelajaran jarak jauh diantaranya melalui digital," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Dekan FIS UNJ, Prof Dr. Sarkadi, M.Si mengatakan, kegiatan ini sangat relevan dengan kondisi saat ini dan masa yang akan datang. Pembelajaran menggunakan digital suatu keharusan dan sesuai tuntutan zaman.

"Oleh karena itu bagi dosen dan guru sebagai pendidik mau tidak mau dan suka tidak suka harus mengikuti perkembangan ini. Ke depan dunia digital akan menjadi primadona dan penentu dalam melakukan pembelajaran. Termasuk pembelajaran sejarah. Sejarah akan lebih mudah dimengerti dan dipahami dengan perangkat digital yang digunakan," katanya.

Kegiatan workshop ini dilakukan selama tiga hari, mulai dari hari Jum’at, 30 Juli 2021 hingga Minggu, 1 Agustus 2021.

Sumber: https://elshinta.com/news/241608/2021/07/31/solusi-belajar-di-masa-pandemi-penggunaan-aplikasi-digital-guru-sejarah-jadi-pilihan

Post a Comment

0 Comments