PPKM Malang Raya, Begini Kabar Terbarunya

 


Pelaksanaan PPKM Malang Raya sudah memasuki hari terakhir. Diketahui sesuai dengan pengumuman pemerintah pusat, perpanjangan PPKM di sejumlah daerah dilaksanakan mulai 3 Agustus hingga 9 Agustus.

Wilayah Malang Raya, termasuk Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu masuk kategori PPKM level 4. Lalu bagaimana kabar terbaru pelaksanaan PPKM di Malang Raya?

Demo Efektivitas PPKM Malang Raya
Para mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Malang Raya menggelar unjuk rasa mengkritik efektivitas pelaksanaan PPKM. Mereka berbaris di depan Balai Kota Malang, Senin (9/8/2021).

"Kita ada tema besar, mendesak pemerintah segera menuntaskan kasus COVID-19 dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Itu yang akan kita sampaikan kepada DPR," ucap Humas IMM Malang Raya, Roni Versal, kepada wartawan.

Berdasarkan rangkuman IMM, tidak ada penurunan kasus COVID-19 di Kota Malang selama PPKM level 4 diberlakukan. Tercatat, pada 5-8 Agustus 2021, justru terjadi lonjakan kasus COVID-19.

IMM juga menilai pemerintah tidak menjalankan amanah Undang-Undang Karantina Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018 secara mutlak.

"Meski diterapkan PPKM, ternyata tidak bisa mengatasi solusi itu. Maka, kita minta pemerintah mengambil tindakan secara serius dalam menangani pandemi COVID-19," beber Roni.

Berikut ini 9 tuntutan mahasiswa yang disampaikan kepada DPRD Kota Malang:
1. Terapkan Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan Nomor 6 Tahun 2018 secara mutlak dalam mengatasi pandemi COVID-19.

2. Wujudkan pendidikan gratis selama pandemi COVID-19.

3. Wujudkan new normal dan pemulihan kehidupan ekonomi masyarakat.

4. Menuntut pemerintah bertanggung jawab terhadap buruh yang di PHK dan memenuhi kebutuhan dasar dan hak normatif kepada buruh.

5. Berikan jaminan kesehatan bagi tenaga medis.

6. Berikan jaminan fasilitas kesehatan yang layak bagi masyarakat.

7. Mengecam sikap represif aparat dalam penanganan pandemi COVID-19.

8. Menolak tenaga kerja asing (TKA) selama pandemi.

9. Mendesak Pemerintah Kota Malang untuk memberikan penerangan jalan umum.

PPKM Malang Raya: Kasus Terkini
Mengutip laporan Data COVID-19 Kota Malang per 8 Agustus 2021, ada tambahan 67 kasus positif COVID-19. Sementara angka kesembuhan bertambah sebanyak 59 orang. Di hari yang sama, dilaporkan ada 15 kasus kematian.

Dengan tambahan tersebut, Kota Malang melaporkan total 12.450 kasus positif, 887 kasus kematian, dan 8.149 kesembuhan COVID-19.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5675637/ppkm-malang-raya-begini-kabar-terbarunya

Post a Comment

0 Comments