Waspadai Covid-19 Fatigue, Ini 7 Gejala yang Dirasakan Tubuh

 


Pandemi Covid-19 selama lebih dari satu tahun membuat kita harus beradaptasi dengan kehidupan normal yang baru atau new normal.

Bahkan selama beberapa pekan terakhir, penambahan kasus positif Covid-19 masih terus terjadi, terutama akibat penularan varian Delta yang menyebar cepat.

Pemerintah pun menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), untuk membatasi aktivitas masyarakat dan menekan penyebaran virus corona.

Lebih dari satu tahun terjadi, pandemi tentunya menyebabkan sebagian orang mengalami kelelahan emosional dan mental akibat Covid-19. Kondisi ini disebut dengan Covid-19 fatigue.

Menurut psikologi klinis di Annabelle Psychology, Dr. Annabelle Chow, pandemic fatigue atau Covid-19 fatigue adalah kelelahan mental yang dialami seseorang karena dampak yang diakibatkan oleh Covid-19.

Pandemi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kelelahan mental, karena banyak hal seperti ketakutan dan kewaspadaan yang berkepanjangan.

Sementara menurut Direktur Pusat Bantuan dan Konseling di University of Alabama, Tami Long, Covid-19 fatigue terjadi setelah seseorang mencapai kapasitasnya untuk mengatasi dan mengalami berbagai gejala.

Berikut ini beberapa gejala Covid-19 fatigue, menurut Tami Long, antara lain:

1. Kelelahan fisik dan mental
2. Kekurangan energi
3. Merasa terus-menerus kewalahan, sedihi atau tidak berdaya
4. Ketidakmampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari
5. Peningkaran iritabilitas
6. Performa kerja berkurang
7. Mengisolasi diri dari orang lain

Kondisi ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental dan emosional loh, Kawan Puan. Selain itu, masalah kesehatan kronis juga terjadi.

Kondisi kesehatan itu seperti sakit kepala, tak bisa fokus, masalah pencernaan, insomnia, sistem kekebalan tubuh melemah, yang akhirnya mempengaruhi fungsi sehari-hari seseorang.

Bagi Kawan Puan yang bekerja atau belajar dari rumah, kebutuhan untuk terhubung lewat konferensi video juga bisa menyebabkan kelelahan.

Orang-orang yang merasa lelah dengan interaksi virutal ini mengalami sebuah kondisi yang dinamakan 'Zoom Fatigue', yang juga berlaku untuk platform konferensi video lain seperti Skype, Google Hangouts, dan sebagainya.

Tak hanya itu, lansia, anak-anak, tenaga kesehatan dan mereka yang hidup sendiri secara sosial, atau mereka yang memang sudah berjuang dalam depresi dan kecemasan, berisiko mengalami kelelahan pandemi.

Sumber:
https://www.tribunnews.com/parapuan/2021/07/27/waspadai-covid-19-fatigue-ini-7-gejala-yang-dirasakan-tubuh?page=2.




Post a Comment

0 Comments